Garnier Ajak Masyarakat Ubah Sampah Jadi Sedekah Saat Ramadan

Brand kecantikan Garnier bekerja sama dengan XSProject, NGO yang memiliki misi meningkatkan taraf kehidupan keluarga pemulung Jakarta, mengajak masyarakat Indonesia untuk berdonasi kepada anak-anak pemulung melalui kampanye #OneGreenStep.

Kampanye yang akan dilakukan selama bulan Ramadan ini mengajak konsumen untuk mengolah sampah melalui aplikasi eRecycle, yang mana nominal tersebut akan digandakan oleh Garnier untuk disumbangkan ke XSProject. Selain itu, untuk setiap transaksi produk Garnier di Tokopedia, konsumen juga telah berdonasi sebesar Rp 1.000 untuk XSProject.

"Selama bulan Ramadan banyak masyarakat yang lebih peduli terhadap kegiatan sosial dan berdonasi untuk mencari berkah. Proses ini memungkinkan seluruh masyarakat untuk tidak hanya peduli kepada sesama yang membutuhkan, tetapi di saat yang bersamaan bisa peduli kepada lingkungan," ujar Pandu Brodjonegoro, Brand General Manager Garnier Indonesia dalam konferensi pers secara virtual, Kamis (08/04/2021).

Pandu menjelaskan, hasil donasi akan disalurkan oleh XSProject untuk memberikan dukungan edukasi kepada anak-anak keluarga pemulung berupa biaya sekolah, seragam, buku, makanan, hingga kesehatan. “Perlu kita sadari peran besar pemulung dalam mendukung berjalannya ekonomi sirkular di Indonesia. Oleh karena itu, sangat tepat bagi kita untuk memberikan kebaikan dalam bentuk donasi dukungan pendidikan bagi keluarga dan anak pemulung melalui XSProject," tambahnya.

Dalam kesempatan yang sama, Retno Hapsari, General Manager of XSProject menyampaikan, sudah sewajarnya kita memberikan dukungan penuh kepada anak-anak dari keluarga pemulung mengingat kontribusi besar mereka terhadap ekonomi sirkular dan usaha bersama kita dalam mencapai keberlanjutan. Harapan kami, melalui kampanye ini kita dapat meningkatkan kehidupan keluarga pemulung dan membantu menghentikan siklus kemiskinan.

Adapun program ini merupakan kelanjutan dari kampanye Green Beauty yang diluncurkan Garnier Indonesia pada September 2020 yang bekerja sama dengan eRecycle. Aplikasi yang memberi kemudahan bagi konsumen untuk mendaur ulang sampah plastik dari rumah.

Green Beauty adalah komitmen yang berfokus pada lima langkah keberlanjutan, yaitu formula ramah lingkungan, bahan baku secara keberlanjutan, solidarity sourcing, kemasan ramah lingkungan, dan aksi untuk planet yang lebih hijau. Tercatat sudah ada 56 ribu masyarakat Indonesia telah ikut berpartisipasi mengumpulkan 5,3 ton sampah plastik melalui aplikasi eRecycle.

Merujuk pada data World Economy Forum tahun 2020, Pandu mengungkapkan, setiap menitnya masyarakat di Indonesia menghasilkan sekitar 13 ton sampah plastik. Sementara kata dia, TPA terbesar kita yakni Bantar Gebang belum tentu bisa menampung semua sampah tersebut.

"Di Indonesia belum ada proses recycling sampah yang masif. Sehingga ini menjadi problematik yang besar sekali dan belum banyak disadari oleh masyarakat. Dengan kita berpartisipasi dalam #OneGreenStep, harapannya dapat memenuhi target mengumpulkan 100 ton sampah di tahun 2021 guna mendukung pemerintah memenuhi target pengurangan sampah sebesar 30% yang sejalan dengan PPRI 97 tahun 2017," tutur Pandu.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)