Grabhealth Percepat Rapid Test dan PCR Test Bagi Tenaga Kesehatan

Upaya Rapid Test Drive-Through

GrabHealth powered by Good Doctor berinisiatif memberikan rapid test dan Polymerase Chain Reaction (PCR) test kepada tenaga kesehatan secara gratis. Kegiatan ini merupakan bagian dari kampanye #BaikBersama yang dilaksanakan Good Doctor. Pemberian tersebut diharapkan dapat membantu tenaga kesehatan sebagai garda terdepan dalam melawan pandemi COVID-19 di Indonesia (15/04/2020).

Fase pertama program tersebut dimulai hari ini dengan memberikan rapid test kepada 1.000 tenaga kesehatan. Bagi mereka yang mendapatkan hasil positif melalui rapid test, kemudian akan menjalani pengujian PCR untuk konfirmasi lebih lanjut.

Penyelenggaraan rapid test dilakukan secara drive-through yang mengharuskan datang dengan kendaraan mobil atau motor. Sedangkan PCR test akan dilakukan dengan sistem walk-in atau datang langsung ke rumah sakit yang telah ditentukan.

“Kami telah ditunjuk menjadi mitra resmi pemerintah, yakni Kementerian Kesehatan dan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dalam memerangi wabah COVID-19. Terhitung sejak dimulainya pandemi secara global di bulan Februari hingga saat ini, kami telah meningkatkan kapasitas pelayanan sebanyak lebih dari
4x lipat," jelas Danu Wicaksana, Managing Director Good Doctor Technology Indonesia.

Danu juga menjelaskan peningkatan pelayanan mulai dari tanya jawab online, penyebaran edukasi COVID-19, hingga layanan skrining risiko via telekonsultasi. Peningkatan layanan dengan menyediakan rapid test dan PCR test gratis, Danu harapkan dapat berkontribusi langsung kepada garda terdepan.

"Dalam hal pencegahan dan penanganan virus COVID-19, pemerintah baik Kemenkes di dalamnya tidak bisa bekerja sendiri. Telemedicine startup menjadi mitra penting dan ujung tombak yang dapat membantu memutus rantai penyebaran COVID-19 di garda terdepan," jelas drg. Oscar Primadi, MPH. Sekretaris Jenderal Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

GrabHealth juga menyediakan rapid test gratis bagi para mitra pengemudi GrabCar maupun GrabBike. Layanan gratis ini dimulai sejak 15 hingga 30 April di Jakarta di area Jakarta. Seluruh biaya pengadaan alat dan pelaksanaan rapid test dan PCR test ditanggung sepenuhnya oleh Grab, Good Doctor dan SBC (Solidaritas Berantas COVID-19).

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)