Grup Jababeka Buka Posko Bantuan Korban Tsunami Selat Sunda

(ke-2 dari kiri) Chairman Grup Jababeka, S.D.Darmono

Grup Jababeka (Kawasan Industri Jababeka/KIJ), PATA Indonesia dan Tidar Heritage Foundation selaku pengelola Kawasan Ekonomi Khusus Tanjung Lesung, mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk berpartisipasi dalam penggalangan dana kemanusiaan melalui program Jababeka Pedui dengan membuka posko bantuan di Menara Batavia Jakarta.

“Kami peduli dengan bencana ini, sehingga saya himbau jajaran direksi untuk membatalkan perjalanan libur Natal dan Tahun Baru. Kami harus mengkoordinasi semua unit usaha untuk membantu memberikan pertolongan pertama di Tanjung Lesung dan sekitarnya,” ungkap Setyono Djuandi Darmono, Chairman Grup Jababeka di Jakarta (24/12/2015).

Darmono berjanji akan melibatkan semua timnya mendistribusikan bantuan makanan dan obat-obatan. Adapun unit-unit usaha tersebut antara lain, Tidar Heritage Foundation, Yayasan President University, LPPMC, Medical City, President Excecutive Club, bekerja sama dengan pemerintah baik pusat maupun daerah.

Kendati musibah tsunami terjadi di perairan Selat Sunda, termasuk Tanjung Lesung, Darmoo mengaku tidak ada penurunan jumlah wisatawan. “Yang terjadi hanya perubahan karakter dan tujuan dari pengunjung itu sendiri.Bila sebelumnya pengunjung datang untuk liburan keluarga atau kantor, kini pengunjung yang datang pasca tsunami merupakan peneliti-peneliti yang ingin mencari tahu mengenai fenomena erupsi anak Gunung Krakatau yang kebetulan letaknya tidak jauh dari Tanjung Lesung,” jelanya.

Darmono memperkirakn untuk recovery atas kerusakan hotel dan gedung-gedung yang rusak sekitar Rp150 miliar. “Itu adalah hitungan kasar, belum detail,” dia menegaskan. Dari semua bangunan dan kamar hotel yang dikelola PT Banten West Java Tourism Development, sekitar 30% rusak akibat bencana tsunami. Sedangkan 70% lainnya sedang tahap perbaikan dan pembersihan.
Bencana tsunami tidak mengendurkan langkah Grup Jababeka untuk terus membangun kawasan Tanjung Lesung.”Kami akan tetap komitmen melanjutkan penandatanganan nota kesepahaman dengan beberapa investo asing. Salah satunya tetap melakukan promosi wisata Tanjung Lesung yang masuk Kawasan Ekonomi Khusus,” paparnya.

“Kalau kita dan pemerintah semanga membangun pariwisata Tanjung Lesung, maka investor asing juga akan semangat,” ujar Darmono menegaskan.

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)