Hankook Ajarkan Hidroponik pada Warga

Menyadari pentingnya keberadaan pelaku industri yang berdampingan dengan masyarakat, Hankook Tire Indoonesia (HTI) merangkul masyarakat lewat program Desa Binaan, sebuah program pemberdayaan ekonomi masyarakat melalui kebun hidroponik di Desa Cicau.

Dalam pelaksanaannya, HTI bekerja sama dengan yayasan Dompet Dhuafa sebagai mitra pelatihan hidroponik. Peralatan berkebun yang ekonomis yaitu dengan air, tanah, dan pipa membuat kebun hidroponik ini dapat diterapkan oleh masyarakat dari berbagai kalangan dengan memanfaatkan sumber daya yang terbatas.

Melalui program “Desa Binaan”, HTI memberikan sejumlah pelatihan kepada masyarakat, yaitu penanaman sayuran hidroponik pembuatan biopori atau lubang resapan air, pemilihan sampah rumah tangga, penanaman pohon dan tanaman hias, pelatihan pemasaran sayuran.

Program yang sudah berjalan sejak bulan Juni 2019 ini kembali menggelar panen massal yang dilakukan oleh Assistant Manager CSR & Public Relations HTI, Ade Mahendra, Kepala Desa Cicau Maman M Fahlefi, serta segenap masyarakat pemerhati lingkungan.

Periode program kali ini diikuti sebanyak 30 warga desa, dan memproduksi berbagai macam sayuran dan tanaman hias. Harga yang diterapkan bagi produksi ini relatif kompetitif dengan harga pasaran, yaitu Rp 5.000 per 200 gram untuk jenis sayuran sawi, pakcoy, dan selada air, karena hasil produksinya mengedepankan kualitas organik.

Assistant Manager CSR & Public Relations PT. Hankook Tire Indonesia Ade Mahendra mengungkapkan, program Desa Binaan merupakan wujud CSR yang mensinergikan aspek sosial-ekonomi dan lingkungan.

“Kami ingin masyarakat memiliki kesadaran mengelola lingkungan sekaligus mampu berdaya secara ekonomi. Produksi kebun ini dapat dijual kembali ke masyarakat lainnya, bahkan didistribusikan ke pasar maupun pusat perbelanjaan,” ujar Ade.

Selain kebun hidroponik, HTI juga mendorong masyarakat setempat untuk mengelola sampah dengan lebih baik melalui pemilihan sampah rumah tangga yang disalurkan ke bank sampah dan komposter.

“Ke depannya Hankook ingin memperluas area perkebunan, mendirikan sentra tanaman hias serta pupuk kompos, dan memproduksi komoditas lain yang mempunyai nilai jual agar dapat mendukung perekonomian masyarakat lokal,” ujar Ade menutup penjelasannya.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Tags:
Hankook Tire

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)