Hankook Tire Salurkan 24 Ribu Liter Air Bersih Untuk Masyarakat Bekasi

Tahun 2012, LIPI melaporkan bahwa Indonesia memiliki peringkat terburuk dalam pelayanan ketersediaan air bersih dan layak konsumsi se-Asia Tenggara. Lebih spesifik lagi dalam laporan tersebut, LIPI menyebutkan bahwa Jawa merupakan pulau dengan defisit kebutuhan air bersih terbesar, yaitu -134.102 juta m3 setiap tahunnya. Hal ini dikarenakan besarnya kebutuhan air bersih penduduk yang melebihi ketersediaan air bersih yang ada. Oleh karena itu, pemerintah menargetkan dalam 5 tahun ke depan akan ada peningkatan sebesar 40 persen di bidang sanitasi layak dan 30 persen akses air minum aman untuk menuju program Universal Access, yang salah satunya adalah membuka akses air bersih perpipaan sebesar 60% pada 2019.

Hankook

Melihat keadaan ini serta mendukung usaha pemerintah dalam meningkatkan akses air bersih kepada masyarakat, Hankook Tire Indonesia, sebagai produsen ban global, turut membantu masyarakat di Kabupaten Bekasi dengan memberikan air bersih secara gratis sejak bulan Agustus 2016 ke wilayah-wilayah tertentu di kawasan sekitar pabrik Hankook Tire beroperasi.

Program bantuan air bersih merupakan komitmen Hankook Tire Indonesia dalam meningkatkan kesehatan dan sanitasi masyarakat sekitar perusahaan. Program yang juga merupakan salah satu agenda kegiatan CSR (Corporate Social Responsibility) pabrik Hankook Tire Indonesia ini akan berlangsung selama tiga bulan berturut-turut hingga Oktober 2016. “Melalui program bantuan air bersih ini, Hankook Tire Indonesia ingin membantu masyarakat sekitar Kabupaten Bekasi untuk mengatasi krisis air bersih dan meningkatkan sanitasi serta kesehatan keluarga mereka. Kami mengirimkan bantuan sedikitnya 24,000 liter air bersih per hari untuk mengurangi beban masyarakat dalam membeli air bersih,” ujar Hyon Young Seop, Senior Manager Corporate Management Team Hankook Tire Indonesia.

Perusahaan menargetkan alokasi bantuan ke hampir seluruh Kabupaten Bekasi, khususnya kecamatan Cikarang Pusat, Serang Baru, Cibarusah, Bojongmanggu, dan sekitarnya. Masyarakat di wilayah-wilayah tersebut tidak bisa memanfaatkan sumur sehingga sebagian besar penduduk masih mengalami kekurangan air bersih saat musim hujan dan cenderung membeli air untuk kebutuhan sehari-hari. Dengan adanya bantuan air bersih, masyarakat dapat mengambil air bersih gratis dengan menggunakan jerigen dari mobil-mobil tangki air bersih yang dikirimkan oleh tim sukarelawan dari karyawan pabrik Hankook Tire Indonesia.

“Kami berharap masyarakat di sekitar Kabupaten Bekasi dapat meningkatkan kesehatan keluarganya dengan kemudahan akses air bersih gratis dari Hankook Tire Indonesia,” tambah Hyon.

Pabrik Hankook Tire Indonesia yang berlokasi di Cikarang, Bekasi merupakan 1 (satu) dari 8 (delapan) pabrik global unggulan ban Hankook yang tersebar di seluruh dunia termasuk Tennessee Plant yang baru akan dioperasikan pada tahun ini. Sejak dioperasikan pada tahun 2013, pabrik Hankook Cikarang telah menjadi basis ekspor ban Hankook untuk kawasan Eropa dan di sisi lain, kerap melakukan program CSR sebagai wujud kepedulian perusahaan terhadap lingkungan sekitar pabrik. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)