Hokben Gandeng Gramedia Serahkan Ribuan Buku

CSR HokBen dukung tingkatkan literasi masyarakat Indonesia

Tingkat literasi masyarakat Indonesia masih dinilai rendah. Data UNESCO pada 2016, minat baca masyarakat Indonesia sangat memprihatinkan, hanya 0,001%. Artinya dari 1.000 orang Indonesia, hanya 1 orang yang rajin membaca. HokBen menggandeng PT Gramedia Asri Media dalam program CSR literasi, menyumbang rak buku dan ribuan buku bacaan untuk 35 titik Taman Baca Masyarakat (TBM) di Indonesia.

Menurut Manager Communication PT Eka Bogainti (HokBen), Kartina Mangisi, di Jakarta (19/01/2020) dipilihnya 35 titik TBM meningat tahun ini HokBen memasuki usia 35 tahun tepatnya pada April nanti. PT Eka Bogainti, perusahaan yang menaungi HokBen mengalokasikan dana CSR sebesar Rp 704.372.620 yang diserahkan langsung kepada Ida Bagus Kade Syumanjaya selaku Elex Fiction and Non Books Manager untuk direalisasikan dalam wujud bantuan tersebut.

Kartina menambahkan, kerja sama program ini merupakan bagian dari program CSR – HokBen Cinta Pendidikan – yang sudah diselenggarakan sejak tahun 2001. “Sejak dimulainya kegiatan CSR di tahun 2001, HokBen terus mengembangkan program CSR khususnya dalam bidang pendidikan. Pengembangan program CSR sejalan dengan perkembangan HokBen, di mana saat ini sudah memiliki 166 store dan segera membuka di daerah baru yakni Kota Medan dan Pekan Baru,” jelasnya.

“Pemberian bantuan rak dan buku-buku bacaan ini kami harapkan bisa ikut mendukung peningkatan literasi masyarakat dan pendidikan di Indonesia,” tandasnya.

‘Share to Love’ ‘Love to Share’ adalah slogan CSR HokBen. Program CSR HokBen ditopang oleh dua pilar, yakni: “HokBen Cinta Pendidikan” dan “HokBen Berbagi dengan Sesama”. Pendidikan dan Berbagi dengan Sesama dipilih karena HokBen meyakini bahwa pendidikan adalah hal penting yang dapat mengubah kehidupan seseorang menjadi lebih baik dari sebelumnya, sedangkan ‘berbagi dengan sesama’ sejalan dengan slogan CSR HokBen. 

Program CSR dari ‘HokBen Cinta Pendidikan’ antara lain Beasiswa Anak Petani Vendor Sayur HokBen, Beasiswa Anak Karyawan, Kejar Paket C dan lainnya. Sedangkan ‘HokBen Berbagi dengan Sesama’ memiliki program rutin Donor Darah (internal dan eksternal) dan Buka Puasa bersama Anak Yatim. Dengan dua pilar tersebut, HokBen berkomitmen untuk menjadi perusahaan yang konsisten menunjukkan tanggung jawabnya dalam membangun masyarakat sekitar. 

“HokBen sebagai anggota APSAI (Asosiasi Perusahaan SahabatAnak Indonesia) ingin turut mendukung dalam mewujudkan hak anak atas pendidikan, dengan memberikan bantuan aneka buku bacaan melalui Taman Baca Masyarakat. Maka kami harapkan anak anak Indonesia makin tinggi minat bacanya dan pengetahuannya makin bertambah,” katanya.

Dalam menyalurkan rak buku juga buku-bukunya ini, dibantu oleh #AkuBaca, sebuah platform gerakan literasi yang diinisiasi dan dikelola oleh Kompas Gramedia (induk perusahaan PT GramediaAsri Media). Bantuan dikhususkan untuk TBM yang belum atau jarang menerima bantuan dari pihak swasta. Sebanyak 35 Titik TBM yang dipilih tersebar di pulau Sumatera, Jawa dan Bali.

Sejak diinisiasi tahun 2017, #AkuBaca, yang mengusung tagline Gerakan Literasi Nusantara, telah melakukan berbagai program peningkatan literasibaik itu gerakan penyadaran membaca atau peningkatan akses bacaan, untuk lebih dari 300 TBM yang tersebar di berbagai daerah. Hal ini merupakan secercah upaya untuk turut mendorong tumbuh-kembang TBM yang berjumlah ribuan di Indonesia.

“Kerja sama program CSR yang dilakukan HokBen ini sangat kami apresiasi karena turut mendukung peningkatan literasi dan pendidikan anak-anak Indonesia. Kami mengucapkan terima kasih atas perhatian dan kerjasama dari HokBen untuk program CSR berbasis pendidikan ini dan semoga kerjasama ini bisa terjalin dengan baik dan memberikan manfaat positif bagi sekitar kita,” kata Ida Bagus Kade Syumanjaya, mewakili PT Gramedia Asri Media.

Editor: Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)