HSBC Gandeng PKPU Gelar Program Gentong Desa

Hampir 800 juta orang di dunia tidak memperoleh akses air bersih, dan sekitar 2,5 miliar penduduk di dunia tidak memiliki fasilitas sanitasi. Dengan tren demografis yang semakin meningkat, serta dampak dari perubahan iklim yang juga semakin tajam, maka pengelolaan air menjadi persoalan krusial di dunia. Melalui HSBC Water Programme yang menjadi komitmen perusahaan secara global, HSBC Indonesia menggelar program Gentong Desa (Gerakan Gotong-royong Demi Setetes Air). Program Gentong Desa diprakarsai HSBC dengan menggandeng Lembaga Kemanusiaan Nasional PKPU (Pos Keadilan Peduli Ummat) untuk mengatasi masalah air bersih dan sanitasi untuk masyarakat Teluk Naga, Tanggerang.

Untuk menandai program ini, HSBC Indonesia dan PKPU menggelar jalan sehat ‘Walk for Water’ (11/11) di kawasan Jalan Jendral Sudirman, Jakarta sebagai langkah awal yang baik dalam menjalin kemitraan, di mana sekitar seribu karyawan HSBC Indonesia dan keluarga beserta masyarakat Teluk Naga, Tangerang, Banten turun ke jalan untuk memeriahkan acara jalan sehat tersebut.

Program Gentong Desa merupakan satu rangkaian untuk menyambung gerakan edukatif ‘Water Festival’ beberapa bulan lalu di Pantai Ancol. Apalagi melalui program ini, HSBC, PKPU dapat bergandengan tangan dengan masyarakat penerima manfaat dalam mengupayakan air bersih dan sanitasi. “Semangat gotong-royong yang selama ini kami ketahui menjadi bagian dari keseharian masyarakat Indonesia menjadi sangat penting untuk terus dibangkitkan, termasuk dalam mengatasi persoalan air bersih,” ujar Chief Risk Officer HSBC Indonesia Chris J. K. Murray.

Maya Rizano, Head of Communications & Corporate Sustainability HSBC Indonesia menambahkan melalaui program Gentong Desa ini HSBC menekankan partisipasi masyarakat setempat di dalam pembangunan maupun perawatan dari pompa, gentong raksasa sebagai penyimpanan air, serta sarana MCK. Selain bekerjasama dengan PKPU, karyawan HSBC secara sukarela membantu pembangunan dan kampanye sanitasi bagi masyarakat Teluk Naga, Tangerang, Banten, sebagai penerima manfaat. “Kami konsisten menggerakkan keterlibatan karyawan sebagai sukarelawan, agar lebih peka terhadap lingkungan,” ujar Maya.

Menurut Agung Notowiguno Direktur Utama PKPU, Gentong Desa merupakan program penyediaan sarana air bersih, sanitasi, dan kebersihan (Water, Sanitation, and Hygiene / WASH) berbasis komunitas. Secara aktif masyarakat penerima manfaat terlibat mulai dari perencanaan, kontruksi, sampai manajemen fasilitas. Dengan menggelontorkan dana sekitar Rp 300 juta program Gentong Desa ini merupakan pilot project bagi HSBC dan PKPU akan menyediakan tempat penyimpanan air berupa gentong berdiameter 2,7 meter dengan tinggi 2,25 meter yang akan dinikmati sekitar 150 Kepala Keluarga. Ukuran tersebut akan tercatat sebagai rekor baru di Museum Rekor Indonesia (MURI). Selanjutnya program Gentong Desa akan digulirkan ke Bandung, Semarang, Surabaya dan Medan.

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)