IKEA Dukung Save The Children Memfasilitasi Anak Berkebutuhan Khusus

Save the Children, sebuah organisasi non-profit dunia, telah menjalankan program Family-based Care for Indonesian Children with Disabilities (Program Kepedulian Anak Berkebutuhan Khusus Berbasis Keluarga) sampai dengan akhir Oktober 2014 di 6 kabupaten / kota di sekitar Bandung, Jawa Barat.

Foto Konferensi Media_Save The Children_1_500x331

Lembaga ini mengajak masyarakat untuk turut berperan aktif dalam mewujudkan persamaan hak dan kesempatan bagi anak-anak berkebutuhan khusus melalui program Rehabilitasi Berbasis Masyarakat dan pelayanan di Sekolah Inklusi dan Sekolah Luar Biasa.

“Tujuan dari program ini tahun 2015, semua anak dengan disabilitas dan keluarganya di Indonesia, khususnya di target area project, mendapatkan haknya melalui akses rehabilitasi berbasis masyarakat, dukungan masyarakat, dan pendidikan yang berkualitas,” ujar Wiwied Trisnadi,  Project Manager Save the Children.

Lebih jauh dia menambahkan bahwa melalui kegiatan berbasis masyarakat ini, orang tua anak disabilitas dapat lebih percaya diri dan diterima oleh lingkungannya.

Untuk menjalankan program yang mendukung anak-anak berkebutuhan khusus dan tidak ada lagi diskriminasi terhadap anak-anak disabilitas, Save the Children, dengan mendapat dukungan dari IKEA Foundation, berinisiatif untuk memfasilitasi program untuk anak berkebutuhan khusus berbasis keluarga (Family-based Care for Indonesia Children with Disabilities), melalui kegiatan Rehabilitasi Berbasis Masyarakat (RBM)  atau Community-based Rehabilitation.

Hingga saat ini, Save the Children telah mendirikan sebanyak 184 RBM dengan dukungan dari 312 kader (volunteers) untuk memfasilitasi 2,853 anak dengan disabilitas. Tidak hanya berhenti sampai di situ, Save the Children juga bekerja sama dengan Dinas Pendidikan tingkat propinsi dan setempat untuk memberikan pelayanan di 31 sekolah inklusif dan 14 Sekolah Luar Biasa. Sampai dengan saat ini, jumlah anak berkebutuhan khusus yang telah bersekolah telah mencapai 436 anak.

Ririn Basuki, Humas IKEA Indonesia sebagai perwakilan dari IKEA Foundation, menyatakan, IKEA bekerja sama dengan Save the Children sejak tahun 1994, dan kami terus mendukung program Rehabilitasi Berbasis Masyarakat dengan memfasilitasi pengasuhan berbasis keluarga, termasuk untuk anak berkebutuhan khusus di Indonesia.

IKEA Foundation bemaksud untuk memperbaiki kesempatan bagi anak-anak dan remaja dengan menyalurkan dana holistik, program jangka panjang yang menciptakan substansi, perubahan jangka panjang, dan memberikan kesempatan untuk mereka dalam meraih masa depan yang lebih baik, serta menerapkan pendekatan inovatif dalam meraih hasil yang nyata di bidang mendasar pada kehidupan seorang anak. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)