IndoRunners Berhasil Menyisir 81.900 Km Garis Pantai Indonesia

Seiring diluncurkannya program Lari Untuk Amal Sosial (LUAS) tahap III 28 Agustus yang lalu, dan memiliki gol “melarikan” Indonesia sebanyak 1 juta kilometer dalam 3 tahun, ditukar dengan komitmen 1.000 beasiswa SMA yang disumbangkan oleh oleh PT Pan Brothers Tbk, IndoRunners ikut meramaikan kegiatan tersebut dengan mengadakan LUAS Challenge 81.900 km. Tantangan tersebut ditujukan kepada tim lari dan pelari individu yang tergabung dalam komunitas IndoRunners untuk berlari menyisiri garis pantai seluruh kepulauan Indonesia sepanjang 81.900 km.

Partisipasi Pelari Tim Chubby untuk LUAS Challenge 81.900KM Pesisir Pantai Indonesia

Mekanisme yang digunakan Pan Brothers sebagai penyandang dana program LUAS tahap III adalah penukaran setiap kilometer lari dengan dana beasiswa SMA senilai Rp10.000, dengan nilai ambang batas tertinggi Rp6 miliar yang sudah mencukupi untuk pendanaan 1.000 beasiswa SMA atau sederajat.

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, juga menyampaikan dukungannya pada saat peluncuran LUAS tahap III, dan mengharapkan dampak program LUAS dapat secara menyeluruh dalam menjangkau anak-anak yang membutuhkan pendidikan berkualitas di provinsi Jawa Tengah.

Dengan kurang lebih 2.500 anggota yang terdaftar di situs pengukur jarak endomondo.com, prediksi awal komunitas IndoRunners untuk mengumpulkan 81.900 Km, yaitu dalam kurun waktu 3 bulan, atau sebelum akhir tahun 2014. Namun pada prakteknya, komunitas IndoRunners berhasil menuntaskan tantangan tersebut hanya dalam 25 hari, dengan angka 81.900 Km atau setara dengan Rp819 juta dana beasiswa yang ditembus pada pukul 20:45 WIB pada Senin 22 September 2014.

Pemenang tantangan tersebut meliputi beberapa tim pelari di seluruh Indonesia, yaitu Tim Playon Jogja (4.944 Km), Tangerang Crazy Runners (4.639 km) dan Tim Chubby (4.276 km). Sedangkan untuk kategori individual, TOP 5 yang dikumpulkan selama berlari selama 25 hari, yaitu Thomas Limiwijaya (577 km), Adi Kurnia Nugroho (521 km), Stephanus Suryawan (510 km), Herman Yudhianto (493 km), dan Sitor Situmorang (445 km).

Penggagas program LUAS dan komite IndoRunners, Holip Soekawan, mengutarakan, dengan berakhirnya challenge mengelilingi garis pantai Indonesia sejauh 81.900km dalam 25 hari, yang menghasilkan 135 beasiswa SMA ini, diharapkan akan mengundang lebih banyak lagi partisipasi masyarakat untuk ikut lari dan peduli.

“Kami berterima kasih kepada perusahaan seperti Pan Brothers yang telah mempercayai IndoRunners untuk bergerak secara kolektif dan nyata melalui program Lari Untuk Amal Sosial. Gol jangka panjang kami adalah untuk menyumbang minimal sejuta kilometer lari setiap tahunnya, untuk masyarakat yang lebih sehat dan menukar komitmen lari tersebut dengan dana CSR perusahaan yang terpanggil untuk berperan dalam program amal sosial yang konkret dan positif,” tutup Holip.(EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)