Ini Dia Pemenang IRSA 2016

Adira Insurance kembali memberikan penghargaan kepada empat kota dan kabupaten terbaik yang telah melakukan program-program yang berkaitan dengan keselamatan berlalu lintas melalui ajang Indonesia Road Safety Award (IRSA). Hal ini bertujuan untuk menekan angka kecelakaan lalu lintas Indonesia yang cukup tinggi. Berdasarkan data Korlantas Polri, pada tahun 2015 tercatat 98.970 kecelakaan lalu lintas dengan tingkat fatalitas yang masih tinggi yaitu sekitar 26 ribu orang meninggal akibat kecelakaan.

20161206_165535_resized

Chief Executive Officer Adira Insurance, Indra Baruna, mengatakan, pemberian penghargaan kepada kota dan kabupaten diberikan kepada pemerintah daerah yang berkomitmen dalam menurunkan angka kecelakaan. Empat kabupaten dan kota yang terpilih sebelumnya telah melalui serangkaian penilaian yang mengacu pada atribut lima pilar yaitu manajemen keselamatan jalan, jalan yang berkeselamatan, kendaraan yang berkeselamatan, perilaku pengguna jalan yang berkeselamatan, dan penanganan pra dan paska kecelakaan.

“Tahun ini kami melakukan perbaikan-perbaikan yaitu dengan menambah jumlah jalan untuk dilakukan observasi, meningkatkan kuota responden survei pejalan kaki agar penilaiannya semakin obyekti dan komprehensif,” ujarnya.

Pada IRSA 2106, jumlah kota dan kabupaten yang ikut serta yakni 110 kota dan kabupaten, kemudian terpilih 17 kota dan kabupaten yang menjadi finalis. Finalis ini kemudian dinilai melalui survei dan observasi lapangan dan mengikuti proses penjurian dengan melakukan presentasi dihdapan juri terkait program-program yang telah dilakukan untuk menekan tingkat angka kecelakaan.

Adapun pemenang IRSA 2016 untuk kategori kota dengan jumlah penduduk di atas satu juta jiwa yakni Kota Surabaya. Sedangkan untuk kabupaten diraih oleh Jepara. Sementara itu, pemenang untuk kategori kota dengan jumlah penduduk di bawah satu juta jiwa yaitu Balikpapan dan untuk kategori kabupaten diraih oleh Pekalongan.

Di tahun ini, Adira Insurance juga memberikan penghargaan kepada kota dan kabupaten untuk kategori khusus. Kategori peningkatan indeks keselamatan Jalan terbaik yang menangkan oleh Tangerang Selatan. Sedangkan kategori upaya meningkatkan jumlah pengguna angkutan umum diraih Semarang dan upaya meningkatkan kualitas sarana pejalan kaki yang berkeselamatan dimenangkan oleh Jakarta Pusat.

Dengan melihat pemerintah kota dan kabupaten sangat serius menerapkan program-program inovatif baru. Indra berharap ini program-program yang telah berhasil diterapkan satu daerah bisa dicontoh oleh daerah lainnya sehingga bisa menekan angka kecelakaan jalan di wilayahnya masing-masing.

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)