Johari Zein Foundation Salurkan Bantuan Pembangunan Masjid di Lombok

Paska gempa bumi berkekuatan 7 SR di Lombok Nusa Tenggara Barat pada 5 Agustus 2018. Korban meninggal dunia terus bertambah, hingga lima hari evakuasi tercatat sebanyak 312 warga yang meninggal dunia dan sekitar 270.168 jiwa yang tinggal di pengungsian.

Data sementara dari BNPB menjelaskan, sejumlah kerusakan bangunan akibat gemba bumi Lombok. Sekitar 75 persen pemukiman hancur dan rusak. Selain pemukiman, sebanyak 468 sekolah rusak, 6 jembatan rusak, 3 rumah sakit rusak, 10 puskesmas rusak, 20 unit perkantoran rusak, 50 unit mushola rusak dan 15 masjid rusak.

Di antara masjid yang hancur dan rata dengan tanah adalah Masjid Jamiul Jamaah, Dusun Karang Pangsor, Desa Pemenang Barat, Kecamatan Pemenang, Lombok Utara, NTB dan Masjid Jabal Nur, Dusun Lading-lading Desa Tanjung, Kecamatan Tanjung, Lombok Utara.

Melihat perkembangan yang terjadi di Lombok, Johari Zein Foundation (JZF), lembaga filantropi yang didirikan oleh Johari Zein, wirausahawan dan pendiri Group Global Basket Mulia Investama (GBMI), terpanggil untuk membantu memulihkan kondisi pasca gempa di Lombok. Khususnya mendirikan kembali bangunan masjid yang rusak dan hancur akibat gempa bumi.

"Fokus kegiatan  yayasan adalah menjaga kenyaman beribadah umat Islam dengan melakukan pembangunan masjid dan Pondok Pesantren di Indonesia. Karenanya, kami sangat terpanggil untuk mengambil peran dalam pembangunan kembali masjid dan musola yang hancur dan rusak akibat gempa bumi di Lombok," jelas Johari Zein.

Melalui program sosial ini, Johari Zein Foundation didukung oleh berbagai perusahaan yang sejalan dengan visinya. Untuk proses distribusi kebutuhan barang,  didukung oleh Paxel.co, pelopor bisnis jasa pengiriman berbasis teknologi.

Perusahaan lain yang mendukung program sosial  ini adalah Alien Design Consultan (Alien DC). Tugas Alien DC selain melakukan design architect juga memastikan masjid yang akan dibangun kembali mengunakan konstruksi yang tahan gempa.

Yayasan ini juga didukung oleh para seniman musik melalui perusahaan Kolase.com. Perusahaan fundraising yang telah banyak membantu fundraising para musisi Indonesia yang akan membantu Johari Zein Foundation dalam pengumpulan dana bantuan. "Selama 3 bulan ke depan, kami akan mengajak perusahaan, entitas dan masyarakat secara luas dalam program pembangunan masjid di Lombok ini,” jelas Rasyid, Ketua Johari Zein Foundation.

Rasyid menjelaskan, bahwa tiga bulan ke depan semua dana yang terkumpul melalui Kolase.com untuk proyek pembangunan kembali masjid di Lombok ini akan dialokasi melalui rekening: Bank BNI Syariah Nomer 0828 20 5000/IDR An. Yayasan Johari Zein.

Guna mengetahui secara detail data dan informasi seputar kerusakan masjid, saat ini tim Jsedang melakukan survei secara langsung di Lombok. Dari survei tersebut akan diketahui kebutuhan apa saja yang harus disiapkan termasuk jumlah dana yang dibutuhkan untuk pembangunan kembali masjid yang sirencanakan akan selesai proses pembangunannya selama 1,5 tahun.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)