Kampanye Semangat Pagi FFI untuk Bangun Keluarga Kuat

Frisian Flag Indonesia (FFI) menggalakkan kampanye #SemangatPagi. Ini merupakan inisiatif untuk mendorong para orang tua menumbuhkan kebiasaan baik minum susu saat sarapan dan menciptakan waktu keluarga berkualitas secara kreatif.

Produsen susu asal Belanda ini percaya bahwa keluarga merupakan pondasi utama untuk menciptakan masyarakat kuat dan sehat. Maklum, kebiasaan sarapan di kalangan masyarakat Indonesia dibanding makan siang dan makan malam masih tergolong rendah.

Menurut Naskah Akademik Pekan Sarapan Nasional (Pergizi Pangan Indonesia 2012), prevalensi tidak biasa sarapan pada anak dan remaja bisa mencapai angka 17%-59% dan pada orang dewasa 31.2%. Hasil analisis data konsumsi pangan Riskesdas 2010 pada 35.000 anak usia sekolah bahkan menunjukkan hampir separuh (44.6%) anak usia sekolah yang sarapan hanya memperoleh asupan energi kurang dari 15% kebutuhannya saat sarapan, yang seharusnya 15-30% kebutuhan.

Dari segi kesehatan, melewatkan sarapan dapat berdampak beberapa hal. Pertama, rendahnya asupan gizi karena gizi penting yang terlewat saat sarapan tidak bisa diganti pada jadwal makan lainnya cenderung tidak bisa mengontrol nafsu makan dibanding individu yang rutin sarapan pagi. Efek lain, memiliki Indeks Massa Tubuh yang lebih tinggi (IMT) dibandingkan individu yang rutin sarapan. Selain itu, mempunyai kemampuan kognitif yang lebih rendah dibandingkan individu yang rutin sarapan

Banyak alasan mengapa sarapan tidak sepopuler waktu makan lainnya. Beberapa alasan yang dikemukakan adalah perasaan mual di pagi hari hingga tidak ada waktu untuk sarapan. Untuk mengakali hal ini, minum susu merupakan pilihan baik bagi para ibu untuk menjaga asupan gizi anak.

Segelas susu Frisian Flag mengandung berbagai zat gizi makro dan mikro yang dibutuhkan oleh tubuh sehari - hari. Selain kaya nutrisi, susu juga lebih mudah dan praktis disajikan sehingga ibu punya lebih banyak waktu untuk berbincang-bincang dengan anak-anak atau menyiapkan kebutuhan lainnya di pagi hari.

“Frisian Flag Indonesia menyadari masih tingginya angka prevalensi 'tidak biasa sarapan' serta konsumsi susu masyarakat Indonesia yang masih sangat rendah (12 liter/orang/tahun). Untuk itu sebagai bentuk konsistensi ajakan bangun keluarga kuat, kami galakkan kampanye '#SemangatPagi' agar seluruh keluarga Indonesia dapat memulai kebiasaan baik sarapan dan minum susu untuk menjaga semangat sepanjang hari,” jelas Corporate Affairs Director PT Frisian Flag Indonesia Andrew F. Saputro.

Kebiasaan sarapan sehat juga telah menjadi kebijakan pemerintah untuk mewujudkan gizi seimbang. Ini juga menjadi pesan ke-6 dalam Pedoman Gizi Seimbang yaitu 'Biasakan Sarapan' yang tercantum dalam PERMENKES nomor 41 tahun 2014. Setiap tahunnya di bulan Februari Perhimpunan Pakar Gizi dan Pangan (PERGIZI PANGAN) Indonesia menggelar Pekan Sarapan Sehat sebagai puncak momen kampanye dan edukasi untuk mendorong masyarakat menerapkan pesan membiasakan sarapan sebagai bagian dari upaya mewujudkan gizi seimbang.

Sarapan sehat bisa dianggap sebagai miniatur gizi seimbang di pagi hari. Guru Besar Ilmu Gizi IPB dan Ketua Umum PERGIZI PANGAN Indonesia Prof. Dr. Hardinsyah, MS mengatakan, tiap tahun PERGIZI PANGAN Indonesia memperingati Pekan Sarapan Nasional (PESAN) untuk mendorong masyarakat menerapkan gizi seimbang melalui pesan membiasakan sarapan.

Selain baik untuk kesehatan fisik, sarapan sehat juga memberikan manfaat bagi kesehatan mental. Kebiasaan sederhana sarapan sambil minum susu dapat menjadi perekat untuk membangun ikatan keluarga. Psikolog yang juga ibu dari dua anak, Anita Chandra, M.Psi sepakat bahwa kebiasaan baik meluangkan waktu berkumpul saat sarapan dan minum susu bersama perlu dipupuk sejak dini.

Membangun keluarga kuat adalah misi FFI, sehat secara fisik dan mental melalui produk-produk berbasis susu yang diproduksi. Perseroan terus mengajak masyarakat Indonesia menerapkan gaya hidup sehat bersama keluarga melalui kampanye-kampanyenya yang mendorong meningkatkan waktu bersama keluarga. “Kebiasaan akan menentukan kualitas hidup seseorang. Para orang tua dapat membantu anak-anak bersiap menghadapi tantangan di sekolah dengan menyediakan sarapan yang bergizi ditambah segelas susu, dan membekali anak-anak dengan rasa percaya diri karena mereka dicintai orang tuanya,“ kata Andrew.

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)