Kampung Berseri Astra Cidadap Dukung Konservasi Stone Garden Geo Park

Kadispar Bandung Barat, Sri Dustirawati; Penggerak KBA Cidadap, Kang Deden; dan Boy Kelana Soebroto, Kepala Divisi Komunikasi Korporat PT Astra International Tbk saat penanaman pohon.

Astra mengadakan kegiatan ramah lingkungan di Kampung Berseri Astra, Cidadap, Padalarang, Jawa Barat. Kegiatan ini dilakukan untuk mendukung pelestarian lingkungan dan mendukung wisata ekoturisme Stone Garden Geo Park.

Kegiatan pelestarian lingkungan yang dilakukan di KBA Cidadap ini meliputi pembibitan tanaman, pembuatan kompos, biogas, pengelolahan tumbuhan hidroponik, bank sampah, dan mini gallery sebagai UMKM yang menyediakan karya warga sekitar. Boy Kelana Soebroto, Kepala Divisi Komunikasi Korporat PT Astra International Tbk., mengatakan Kampung Berseri Astra merupakan salah satu program utama kontribusi sosial Astra selain Satu Indonesia Award.

“Saat ini kami telah memiliki 305 penerima Satu Indonesia Award, dimana program ini terintegrasi dengan Kampung Berseri Astra yang saat ini jumlahnya ada 86. Sementara itu, kami juga memiliki program Desa Sejahtera yang berfokus pada kewirausahaan. Jumlah saat ini adalah sebanyak 695 desa,” kata dia. Lebih jauh, Boy menjelaskan setiap kampung berseri memiliki penggerak, dan Astra sebagai korporasi memberikan pendampingan dan bantuan alat.

Pada kegiatan kali ini, Astra juga menanam 600 pohon trembesi di area konservasi Stone Garden. Pengembangan Stone Garden dimulai pada tahun 2017, dan kemudian dilanjutkan pada pembinaan Kampung Berseri Astra Cidadap. Sampai saat ini tercatat ada sekitar 5 juta pohon yang telah ditanam oleh pihak Astra di berbagai wilayah di Indonesia.

Sementara itu, Deden Syarif Hidayat, penggerak Kampung Berseri Astra cidadap dan juga ketua komunitas Forum Peduli Karst Citatah (FP2KC) mengatakan inisiasi yang saat ini dilakukannya merupakan cara untuk membenaho lingkungan sekitar dengan mengembangkan kampung berbasis konservasi yang dapat memberikan peluang mata pencaharian baru bagi masyarakat sekitarnya.

Awalnya, masyarakat desa Padalarang bermata pencaharian sebagai penambang kapur. Namun, hal tersebut berimbas pada rusaknya ekosistem pegunungan karst di wilayah Cidadap, Padalarang. “Aksi kami hari ini adalah untuk melindungi dan menjaga ekosistem pegunungan karst di Cidadap, Padalarang. Karena kerusakan lingkungan akan berdampak pada kehidupan warga sekitar,” kata dia menjelaskan.

Kegiatan di bidang lingkungan di Kampung Berseri Astra Cidadap meliputi pertama pengelolaan sampah organik yang terdiri dari komposter cair, padat dan gas.

Kedua, pengelolaan sampah anorganik yang terdiri dari usaha mendirikan bank sampah dan mengolah sampah menjadi kerajinan tangan. Ketiga, budidaya tanaman secara hidroponik, pembibitan, aquaponik, dan menanam tanaman obat keluarga dan tanaman buah dalam pot.

Keempat, gerakan penghijauan, serta gerakan ketahanan pangan di Pekarangan Rumah, aksi penanaman pohon dan tanaman sayur, serta penanaman Pranaraksa Astra. Hasil produksi dari Aksi ketahanan pangan ini nantinya diharapkan dapat menjadi sumber pangan masyarakat sehari-hari.

Di bidang pendidikan, KBA Cidadap membina posyandu, memberikan edukasi lingkungan kepada anak anak usia dini dan sekolah dasar, memberikan pendidikan, kesehatan, dan seni budaya. Sementara di bidang kesehatan, KBA Cidadap juga membantu penyediaan air bersih untuk penghijauan dan keperluan rumah tangga, terutama saat kemarau. Di bidang kewirausahaan, Astra melakukan pemberdayaan masyarakat di bidang usaha rumahan ramah lingkungan dan inovatif. Kedepan, kegiatan pelestarian KBA Cidadap diharapkan dapat terintegrasi dengan wisata ekoturisme Stone Graden Geopark, Padalarang.

Sebagai tambahan, Stone Graden Geopark direncanakan akan menjadi destinasi wisata Geopark berskala nasional bersanding dengan Geopark Ciletuh di Sukabumi, Geopark Pongkor di Bogor, Geopark Pangandaran, dan Geopark 10 ribu Bukit di Kabupaten Tasikmalaya pada tahun depan.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)