Kampung Berseri Astra Sejalan dengan Program Nawacita

Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa mengapresiasi program pembinaan Kampung Berseri Astra (KBA) oleh PT Astra International Tbk dalam mengembangkan kampung dengan lingkungan yang hijau dan produktif. Salah satunya adalah KBA di kampung Keputih, Sukolilo, Surabaya yang berlokasi di area tempat pembuangan akhir yang telah menjadi daerah bersih dengan masyarakat yang sehat serta mandiri.

Chief of Corporate Communications, Social Responsibility & Security Astra International Pongki Pamungkas (kiri), Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa dan Head of Environment & Social Responsibility Astra International Riza Deliansyah

Khofifah hadir untuk meresmikan KBA Keputih sebagai desa yang akan menuju Desa Sejahtera Mandiri (DSM). Kegiatan ini merupakan acara puncak peringatan HUT ke-60 Astra di Surabaya yang sekaligus bertepatan dengan peringatan Hari Anak Nasional.

KBA merupakan program Corporate Social Responsibility Astra International dengan fokus pada pengembangan kampung atau daerah tertentu yang mengandung unsur kesehatan, pendidikan, lingkungan, dan kewirausahaan. Saat ini, terdapat 63 KBA di 26 provinsi di seluruh Indonesia. Adapun KBA Keputih, Surabaya telah dibina Astra sejak tahun 2013 yang terdiri dari 324 kepala keluarga.

Menurut Khofifah, KBA bisa menjadi role model bagi pengembangan kampung lainnya di Indonesia. “Program ini sejalan dengan program Nawacita Presiden Joko Widodo yang membangun Indonesia dari desa dan daerah pinggiran. Kemitraan dan gotong royong perlu ditumbuh kembangkan di banyak daerah agar tercipta harmoni antara perusahaan, pemerintah, masyarakat, perguruan tinggi serta pelaku lingkungan hidup dalam memberdayakan masyarakat,” ujar Khofifah di Surabaya, (23/7/2017).

Kemandirian KBA Keputih ditandai dengan perubahan mata pencaharian warga dari yang sebelumnya pemulung menjadi pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) melalui Kelompok Usaha Bersama (KUBE), antara lain UMKM jamur, kerupuk, sari kedelai, tempe, sirup markisa, dan jahe merah.

Chief of Corporate Communications, Social Responsibility & Security Astra International, Pongki Pamungkas, mengatakan, berbagai program yang telah dilaksanakan agar masyarakat menjadi mandiri. “Bidang kesehatan dengan pembinaan posyandu dan pengobatan gratis, bidang pendidikan membangun Rumah Pintar, PAUD, donasi beasiswa, bidang lingkungan dengan pembinaan bank sampah dan program penghijauan, instalasi pengolahan air limbah dan sanitasi lingkungan, lalu bidang kewirasuhaan dengan pembentukan KUBE dan pelatihan UKM,” kata Pongki.

Pada kesempatan kali ini, Astra bersama Kementerian Sosial juga menandatangani nota kesepakatan terkait komitmen Astra untuk menyelenggarakan kesejahteraan sosial dalam rangka pemenuhan tanggung jawab badan usaha bersama program-program dari Kementerian.

 

Editor : Eva Martha Rahayu

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)