Kartu Ucapan Berlagu CIMB Niaga Hadir Kembali

Peluncuran Kartu Berlagu 2013 Peluncuran Kartu Berlagu 2013

Mengirimkan ucapan hari raya dengan kartu (kertas) di dunia yang sekarang serba digital ini sepertinya sudah kuno. Karena dengan mudah, masyarakat bisa mengirimkan ucapan, misalnya, Selamat Hari Raya Idul Fitri lewat pesan teks, jejaring sosial, dan bentuk digital lainnya. Memanfaatkan kian tingginya animo masyarakat menggunakan jejaring sosial, CIMB Niaga pun kembali meluncurkan Kartu Berlagu.

“Kami mulai program ini di tahun 2012," ucap L Wulan Tumbelaka, Direktur Compliance, Corporate Affairs&Legal CIMB Niaga, di Jakarta, Senin (22/7/2013).

Kartu Berlagu memang bukan hal baru. Tahun 2012, kartu ini sudah meluncur. Kesuksesan penyelenggaraan di tahun lalulah yang membuat bank kembali mengadakan program serupa. Tahun lalu, dia menyebutkan, jumlah kartu hampir mencapai 167 ribu. Jumlah itu adalah gabungan antara ucapan Hari Raya Idul Fitri dan Natal.

Bagaimana cara mengirimkan Kartu Berlagu? Nasabah ataupun masyarakat non-nasabah tinggal masuk ke Facebook fanpage CIMB Indonesia, setelah itu mengklik fitur Kartu Berlagu. Kalau tahun lalu, pengirim pesan memilih video lagu bertema hari raya keagamaan ataupun hari besar nasional yang dinyanyikan oleh kelompok paduan suara.

Nah, di tahun 2013, ada yang berbeda. Wulan mengatakan, kali ini pengirim pesan menulis pesan lalu pesan tersebut akan diubah menjadi sebuah lagu dengan sejumlah pilihan aransemen, diantaranya pop, rock, dan dangdut. “Kami sekarang membuatnya lebih personalized. Artinya, fans CIMB Indonesia bisa buat ucapan sendiri, kemudian kami akan fasilitasi untuk membuatnya jadi lagu," terang dia.

Setelah lagu terbentuk, pengirim pesan dapat mengirimkannya ke 50 teman di Facebook. Jumlah itu untuk satu kali pengiriman. Dan pengiriman pun dapat dilakukan berkali-kali. Penerima Kartu Berlagu pun bisa mengirimkannya kepada orang lain.

Kenapa Facebook yang dipilih? Wulan menuturkan, Facebook adalah jejaring sosial yang sejauh ini masih paling dikenal. Bank sendiri sudah mempunyai cukup banyak fans di Facebook. Hingga akhir Juni lalu, jumlah fans yang tercatat sekitar 647 ribu orang.

Menariknya, mengirimkan Kartu Berlagu bukan sekadar memberikan ucapan, tetapi juga beramal. Jadi, untuk setiap kartu yang dikirimkan, CIMB Niaga akan mendonasikan Rp 1.500 ke panti-panti asuhan yang telah ditunjuk oleh CIMB Niaga Peduli Ramadan dan untuk program pengobatan gratis dari Sabang sampai Padang melalui Dana Kemanusiaan Kompas. Besaran sumbangan ini naik Rp 500 dari tahun sebelumnya.“Dana sumbangan itu dari kami. Sedangkan untuk buat kartu nggak ada biaya,” Wulan menegaskan.

Untuk tahun ini, dari momen Ramadan dan Natal, bank berharap jumlah kartu bisa mencapai 300 ribu kartu. Kalau itu tercapai dan dikali dengan Rp 1.500 maka donasi yang terkumpul bisa mencapai Rp 450 juta. “Sebenarnya target kami ingin sumbang sebanyak-banyaknya. Ini memang kami kemas sebagai CSR"," tutur dia. Selain itu, bank pun menyediakan hadiah berupa uang tunai melalui Rekening Ponsel untuk lima lagu yang paling banyak di-share setiap minggunya.

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)