Kedai DBS Dorong Wanita Pintar Mengelola Keuangan

Widrawan Hindrawan (kanan), Fajar Putra, dan Hanifa Ambadar (kiri). Widrawan Hindrawan (kanan), Fajar Putra, dan Hanifa Ambadar (kiri).

Sebagai seorang ibu, tentunya setiap wanita harus cerdas dalam mengatur urusan rumah tangga. Tidak hanya dalam hal mengurus keluarga, tetapi juga mengatur pengelolaan keuangan. Untuk itu pengetahuan mengenai cari investasi keuangan sangat penting bagi kaum wanita, khususnya para ibu. Sejalan dengan itu, Sabtu (12/9), DBS menggelar “Kedai DBS” sebagai bentuk ajakan kepada para wanita untuk lebih mengenal cara investasi dan pengelolaan keuangan yang baik.

“Semakin hari, ragam instrumen investasi yang dapat dipilih masyarakat semakin banyak. Untuk itu, kami yakin wanita perlu lebih mengenal dan mengetahui produk-produk investasi yang sesuai dengaan berbagai kebutuhan, baik untuk pribadi maupun keluarga. Perencanaan ini lekat hubungannya dengan pengetahuan bagaimana berinvestasi keuangan baik jangka pendek, menengah, maupun jangka panjang," ujar Widrawan Hindrawan, Head of Wealth Management PT Bank DBS Indonesia.

Berdasarkan survei yang dilakukan Otoritas Jasa Keuangan (OJK), sebanyak 75% keuangan rumah tangga pada umumnya dikelola oleh wanita. Namun, dari persentase tersebut hanya 51% wanita yang merencanakan keuangan keluarga. Hal ini mungkin berhubungan dengan tingkat literasi keuangan wanita Indonesia yang relatif lebih rendah dibandingkan dengan pria. Survei OJK pada 2013 menunjukkan bahwa tingkat literasi keuangan wanita berada di angka 18,84%, sedangkan pria berada di angka 25%.

Widrawan juga menambahkan, “Jika wanita lebih melek keuangan, tentunya sebagai pengelola keuangan keluarga, wanita dapat menciptakan masa depan yang lebih baik bagi dirinya dan keluarga.

Selain investasi keuangan, wanita modern saat ini sebaiknya juga dapat berinvestasi pada kesehatan. Fajar Putra, Instruktur AcroYoga PenYoga Star, mengatakan bahwa berolahraga dengan yoga dapat melatih konsentrasi, kelenturan, serta menenangkan pikiran. “Konsentrasi merupakan modal bagi para wanita untuk dapat beraktivitas dengan lebih produktif,” ungkap Fajar.

Hal senada diungkapkan pula oleh CEO & Founder Female Daily Network, Hanifa Ambadar, wanita di zaman modern ini sangat dituntut untuk lebih produktif dengan mengurus diri, keluarga dan keuangannya. “Edukasi kepada para wanita untuk memahami pentingnya investasi memang sangat dibutuhkan saat ini untuk menciptakan masa depan yang lebih baik,” dia menguraikan. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)