Kemeriahan HUT RI dengan Fine Art Exhibition

Guna  memeringati HUT Kemerdekaan Republlik Indonesia, Plaza Indonesia (PI) untuk pertama kalinya mengadakan event  Fine Art Exhibition yang bertema Menjadi Indonesia.

45 Seniman dan GM Marketing&Communication Plaza Indonesia (kanan). (Photo: Anastasia/Swa).

Pameran ini merupakan rangkaian dari program Indonesia Food & Art Festival yang akan diselenggarakan mulai tanggal 17-27 agustus 2017. Ini hasil kolaborasi PI dengan 45 seniman asal Jakarta, Yogyakarta, dan Bali. Dalam pameran ini, para seniman menampilkan karya-karya mereka dalam konsep lukisan, patung, instalasi, dan pertunjukan seni.

Suwarno Wisetrotomo, Kurator Seni, menjelaskan, karya-karya yang telah dihasilkan merupakan cara pandang mereka dalam melihat Indonesia. Sedianya karya seni merupakan suatu hal yang bebas nilai. “Pengunjung diharapkan dapat memahami sendiri makna dibalik karya seni tersebut,” ujar Suwarno.

Dia melanjutkan, saat ini seni  sudah menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat kota. Lokasi Plaza Indonesia yang berada di jantung keramaian dan pusat bertemunya kaum urban dinilai cocok untuk mempresentasikan karya-karya seniman lintas zaman tersebut sekaligus menyampaikan pesan solidaritas. “Saya berharap mall ini tidak hanya digunakan untuk menyalurkan hasrat konsumtif, tapi juga tempat mengasah sensitivitas kita terhadap karya seni,” jelasnya.

Sementara itu, Zamri Mamat, General Manager Marketing & Communication Plaza Indonesia, menjelaskan, melalui pameran ini pihaknya ingin memberikan ruang kepada para seniman untuk dapat mengekspresikan arti solidaritas bangsa melalui karya-karyanya. “Kami berharap pameran ini dapat menjadi wadah komunikasi antara seniman dengan penikmat seni. Serta menumbuhkan rasa apresiasi masyarakat terhadap seni.” Lebih lanjut, dia bilang, Fine Art Exhibition ini merupakan yang pertama bagi Plaza Indonesia dan kedepannya tidak menutup kemungkinan acara akan dikemas dengan lebih menarik lagi.”Kemungkinan tahun depan akan ditambah dengan konsep design,” ujar Zamri.

Editor : Eva Martha Rahayu

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)