Kemristekdikti Dorong Tumbuhnya Pengusaha Pemula Inovatif dan Menguasai Teknologi

Dari 270 juta jiwa penduduk Indonesia, 56 juta di antaranya berprofesi sebagai pengusaha/pedagang. Sayangnya dari angka tersebut, 99%-nya masih berada di sektor bisnis mikro informal.  Masalah utama yang dihadapi oleh mereka adalah kurangnya pengetahuan dan kompetensi bisnis dalam hal membesarkan perusahaan.

Beranjak dari hal tersebut di atas, peserta program Inkubasi Bisnis Teknologi dan Perusahaan Pemula Berbasis Teknologi-Perguruan Tinggi  (PPBT –PT) 2017 binaan Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemristekdikti), melalui Direktorat Perusahaan Pemula Berbasis Teknologi, Direktorat Jenderal Penguatan Inovasi, berinisiatif mengadakan acara Start Tech Training Camp 2017 yang berupa pelatihan smart business map (SBM), dari tanggal 22 Mei - 26 Mei 2017, di Hotel Kartika Candra, Jakarta.

Dalam sambutannya Menteri Ristekdikti Muhammad Nasir mengatakan, perusahaan pemula harus berbasis teknologi dan berinovasi. Tujuannya agar memiliki nilai tambah dan berdaya saing tinggi. “Produk yang diproduksi harus mempunyai nilai ekonomi yang tinggi, jangan tergantung pada investor,” tegas Muhammad Nasir pada acara pembukaan Start Tech Training Camp 2017 di Hotel Kartika Candra, Jakarta, senin (22/5).

Sementara, Budi Usman dari Forum Investor memaparkan agar perusahaan harus memperkirakan permintaan pasar sebelum menarik investasi. “Jumlah investasi tidak ada batasannya, tapi kebutuhan pasar harus ditentukan dulu,” ujar Budi.

Adapun Direktur Perusahaan Pemula Berbasis Teknologi, Direktorat Jenderal Penguatan Inovasi, Ir. Retno Sumekar, M.Si. mengatakan, melalui rangkaian pelatihan selama 5 hari ini diharapkan seluruh tenant dan inkubator mendapatkan pengetahuan yang dibutuhkan untuk membesarkan bisnisnya. “Tujuan dari kegiatan pelatihan ini sendiri yakni para tenant dan inkubator dapat bekerjasama mengaplikasikan metodologi SBM untuk mewujudkan dan mengembangkan Perusahaan Pemula Berbasis Teknologi (PPBT),” jelas Retno.

Pelatihan yang berlangsung selama lima hari kedepan ini diikuti oleh total peserta 506 dari program IBT dan PPBT-PT dari seluruh Indonesia yang terdiri dari 253 pengusaha pemula dan 253 mentor bisnis.

Selama acara berlangsung para peserta akan mengikuti pelatihan seperti pelajaran alat akselerasi bisnis, yaitu smart business map, branding, permodalan, pemasaran internet, hak dan paten produk serta perencanaan keuangan. Sedangkan bagi mentor bisnis perwakilan dari berbagai inkubator, pelajarannya akan ditambahkan dengan materi business coaching serta pengelolaan inkubator.

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)