KiosTix dan Traveloka Berbagi Ilmu Kepada Mahasiswa Vokasi Pariwisata UI

Andhika Soetalaksana, Vice President Sales dan Partnership KiosTix (ke-1 dari kanan)

Era digital telah mengubah perilaku masyarakat menjadi semakin real time, mobile, personal, dan interaktif. Tren itu kemudian berpengaruh pada pola konsumsi, selera, dan gaya hidup setiap orang. Perubahan ini juga berdampak kepada hampir semua sektor industri. Pasalnya, telah terdistrupsi menyesuaikan diri ke dalam platform industri digital. Terutama untuk menyasar kaum milenial. Tak terkecuali terhadap industri event dan tourism di Indonesia.

Untuk itu, guna meningkatkan literasi, interaksi, dan kesadaran generasi milenial terhadap tren digitalisasi industri event dan tourism yang kini semakin berkembang dan diminati, KiosTix (Grup Kios), perusahaan manajemen tiket dan pertunjukan di Indonesia, bersama dengan Traveloka – perusahaan teknologi yang memfokuskan diri untuk melayani kebutuhan travel & lifestyle experiences booking dalam satu platform, memberikan sharing kepada para mahasiswa Program Vokasi Universitas Indonesia (UI), mengenai prospek industri event dan tourism di Indonesia. Kegiatan ini sejalan dengan acara roadshow Ruang Diskusi ke kalangan profesional dan mahasiswa Program Vokasi UI untuk berbagi pengetahuan ini.

“Hampir setiap pekan kita mendengar ada investasi dan akuisisi perusahaan-perusahaan startup digital di Indonesia oleh para pemodal besar dengan nilai akumulasi investasi sangat tinggi. Ini menandakan industri digital di Indonesia sangat prospektif,” ujar Andhika Soetalaksana, Vice President Sales dan Partnership KiosTix pada acara diskusi di Kampus Vokasi UI (26/8/2019).

Tak terkecuali startup digital seperti KiosTix dan Traveloka. Apalagi industri event, seperti konser musik, pertandingan olahraga dan MICE (meeting, incentive, conference, exhibition) di Indonesia saat ini sangat berkembang pesat. Yang bisa menjadi peluang pekerjaan dan karier bagus bagi mahasiswa dari jurusan Vokasi Pariwisata setelah lulus nanti.

Mengambil tajuk “The Digital Future of Tourism & Event Industry” acara roadshow Ruang Diskusi edisi ke-3 dari KiosTix kali ini digelar sekaligus untuk acara menyambut mahasiswa baru UI, digelar di Gedung C, Kampus Vokasi UI, Depok, Jawa Barat, pada 26 Agustus 2019. Acara ruang diskusi ini menghadirkan pembicara; Sufintri Rahayu (Public Relation Director of Traveloka), Andhika Soetalaksana (VP Sales dan Partnership KiosTix), dan moderator Dr. Diaz Pranita, MM (dari Program Vokasi UI). Selain dihadiri para mahasiswa UI, acara ini juga terbuka untuk awak media, dan warga UI.

“Industri pariwisata di Indonesia, merupakan salah satu industri dengan peluang bisnis yang sangat baik. Potensi pengembangan industri ini masih sangat luas, dan kita beruntung dengan dukungan dari pemain maupun pemerintah kepada industri ini sangat kuat. Apalagi saat ini Presiden Jokowi juga telah menjadikan pariwisata sebagai salah satu dari sektor prioritas pembangunan, sehingga masa depan jurusan Pariwisata sangat prospektif. Sebagai gambaran, saat ini ada lebih 40 juta pelanggan di Traveloka, dan setiap hari lebih 1 juta transaksi sektor pariwisata melalui Traveloka,” ujar Sufintri Rahayu, Public Relation Director of Traveloka, di sela-sela acara diskusi hari ini.

Menyikapi tren digitalisasi ini, Dr. Diaz Pranita, MM dari Program Vokasi Universitas Indonesia, mengatakan, transformasi teknologi dan disrupsi ekonomi digital saat ini memang sudah merupakan keniscayaan yang merambah di semua sektor kehidupan. Sehingga yang perlu dilakukan adalah semua orang harus menyesuaikan dengan tren ini, termasuk pada industri pariwisata dan hiburan.

Dunia pendidikan kini juga telah berubah dan beradaptasi dengan trend ini. Di antaranya dengan membentuk program Vokasi yang link and match dengan industri dan siap membentuk SDM unggul yang siap menghadapi revolusi industri 4.0.

Berbagai tren terbaru dalam industri event dan tourism di Indonesia dibahas di dalam diskusi ini. Di antaranya tentang pengalaman KiosTix menangani event-event besar skala internasional dan nasional, perkembangan teknologi digital terbaru dalam manajemen event dan penjualan tiket, berubahnya pola konsumsi industri hiburan ke sistem virtual transaction, peluang profesi dalam tren industri hiburan saat ini, berbagi pengalaman dalam pembelian tiket pertunjukan secara online, dan agenda-agenda pertunjukan pada tahun ini. Sedangkan Traveloka banyak mengupas berbagai produknya yang kini terus berkembang.

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)