Kolaborasi Bantu Masyarakat Terdampak Pandemi COVID-19

Anteraja dan Kedai Sayur menyerahkan paket sembako kepada warga. (Foto : Dok Anteraja).

Anteraja, PT Asuransi Adira Dinamika Tbk, Grup Panorama, OLX Indonesia dan BeliMobilGue.co.id, merealisasikan progam sosial untuk menyokong perekonomian warga yang terdampak virus corona dan menyediakan fasilitas kebersihan yang mudah diakses masyarakat dalam mencegah penyebaran pandemi virus corona. Perusahaan ini antara lain mendistribusikan paket sembilan bahan pokok (sembako), fasilitas kebersihan ke masyarakat dan lembaga serta menggalang dana untuk membeli alat-alat kesehatan. Anteraja, misalnya, bersama Kedai Sayur, perusahaan rintisan yang bergerak pada pasokan perdagangan produk segar, membagikan paket sembako kepada masyarakat yang membutuhkan.

Suyanto Tjoeng, CEO Anteraja, menyatakan bahwa di tengah situasi seperti sekarang ini, masih banyak orang yang harus berjuang dan bekerja di luar rumah untuk tetap bisa memenuhi kebutuhan hidup. Anteraja, perusahaan pengiriman barang berbasis teknologi di bawah PT Tri Adi Bersama, berkomitmen membantu masyarakat yang memang membutuhkan perhatian dengan menyerahkan paket sembako. “Kami menargetkan untuk mengirimkan total 100 ribu paket sembako untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari mereka,” ungkap Suyanto pada pernyataan tertulis di Jakarta, Minggu (19/4/2020).

CEO Kedai Sayur, Adrian Hernanto mengungkapkan paket sembako yang disiapkan oleh Kedai Sayur berisi beras dan minyak kualitas premium serta sayur-sayuran yang bila dirupiahkan satu paket sembako nilainya sekitar Rp 100 ribu. “Kami mengambil sayuran langsung dari petani di kawasan Jawa Barat sehingga membantu menggerakkan perekonomian lokal agar tetap berjalan di masa pandemi ini,” ujar Adrian. Anteraja bersama Kedai Sayur menginisiasi program yang bertajuk Satria Berbagi. Progam sosial ini diharapkan dapat membantu masyarakat yang terdampak oleh wabah Covid-19 dalam memenuhi kebutuhan pokok keseharian warga. Program ini sudah dimulai sejak 11 April 2020 dan berlangsung sampai Juni 2020. “Akan dibagikan di wilayah Jabodetabek,” ungkap Suyanto menambahkan.

Terkait program Satria Berbagi ini, Suyanto menyampaikan masyarakat yang mengalami penurunan penghasilan secara drastis akibat wabah Covid-19 seperti para pedagang kecil termasuk warung, kios-kios di pasar, toko kelontong dan pekerja sektor informal lainnya, semisal tukang parkir, petugas kebersihan, kuli pasar, difokuskan sebagai target penerima bantuan.

Program donasi sembako dipraktikkan pula oleh PT Asuransi Adira Dinamika Tbk, melalui unit usaha syariah (Adira Insurance Syariah), yang menggalang program pembagian sembako untuk keluarga pra-sejahtera yang perekonomiannya terdampak wabah Covid-19. Adira Insurance Syariah bekerjasama dengan Lembaga Amil Rumah Zakat, berharap program ini dapat meringankan beban masyarakat yang pendapatan sehari-harinya terkena imbas wabah Covid-19 terutama di wilayah Jakarta dan Bogor. Progam bertajuk Adira Peduli Sesama ini dimulai sejak 9 April lalu.

Auralusia Rimadiana, Chief Agency Officer Adira Insurance, menyampaikan program Adira Peduli Sesama ini dilakukan sebagai bentuk kontribusi perusahaan, khususnya Adira Insurance Syariah, dalam meringankan beban masyarakat yang pendapatan sehari-harinya terkena imbas wabah Covid-19 di Indonesia. Adira Peduli Sesama dilaksanakan di Jakarta dan Bogor karena kedua wilayah tersebut memiliki angka pasien positif Covid-19 terbanyak serta jumlah keluarga pra-sejahtera yang perekonomiannya terkena imbas wabah Covid-19 yang tinggi. “Dampak Covid-19 pada perekonomian keluarga pra-sejahtera tersebut sangat besar terutama wilayah Jakarta yang memberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) bertepatan saat kami membagikan sembako,” ungkap Ima, Auralusia Rimadiana, di Jakarta pada Kamis (16/4/2020) lalu.

Adira Insurance Syariah dan Rumah Zakat memprioritaskan keluarga pra-sejahtera, ibu tunggal, marbot (penjaga masjid), hingga pedagang kecil sebagai penerima manfaat dari program ini. Bantuan tersebut diserahkan melalui petinggi di daerah setempat untuk kemudian disalurkan kepada masyarakat dengan tetap memperhatikan protokol pembatasan sosial yang dianjurkan pemerintah.

Tebar Benih Baik
Selain donasi paket sembako, perusahaan menggalang dana untuk pembelian alkes serta menyediakan fasilitas kebersihan, yakni fasilitas mencuci tangan. OLX Indonesia dan BeliMobilGue.co.id menggalang dana di platform BenihBaik, platform digital yang memfasilitasi kegiatan pengumpulan dana masyarakat secara sukarela (filantropi) agar dapat membantu sesama untuk memenuhi kebutuhan dasar.

Penggalangan dana ini akan berlangsung selama tiga bulan yang dimulai sejak 9 April 2020. Dana yang terkumpul selama masa penggalangan dana akan diserahkan dalam bentuk alat perlindungan diri (APD) dan kebutuhan alat medis lain ke beberapa fasilitas kesehatan di Jakarta. OLX Indonesia dan BeliMobilGue mendukung penggalangan dana yang dipelopori oleh Ratri Anindyajati pada platform BenihBaik.

Ichmeralda Rachman, Direktur Pemasaran OLX Indonesia, mengatakan langkah ini merupakan bentuk kepedulian kami terhadap upaya penanganan wabah Covid-19 di Indonesia, terutama bagi tenaga kesehatan. “Melalui jaringan dan basis data pengguna kami yang luas, kami berharap bisa berkontribusi dengan mengajak masyarakat turut berpartisipasi dalam penggalangan dana ini. Hasil dari penggalangan dana ini nantinya digunakan untuk membantu para tenaga kesehatan, tidak hanya di rumah sakit rujukan tetapi juga fasilitas kesehatan non rujukan,” tutur Ichmeralda.

Diinisiasi oleh Ratri Anindyajati, kampanye ini didasari oleh pengalamannya sebagai penyintas virus corona yang telah dinyatakan sembuh. Andi F. Noya, pendiri Yayasan Benih Baik mengungkapkan pihaknya memiliki mitra yang bertugas untuk mengidentifikasi dan memverifikasi fasilitas kesehatan yang membutuhkan bantuan alat tersebut.

Pada kesempatan terpisah, Grup Panorama menyiapkan fasilitas cuci tangan berupa wastafel portabel di Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf). Bantuan tersebut diserahkan pada Kamis pekan lalu dan diterima oleh Pihak Kemenparekraf di Gedung Sapta Pesona, Jakarta Pusat. Selain penyediaan wastafel portabel di Gedung Sapta Pesona Jakarta, juga ditempatkan wastafel portabel di lokasi yang umumnya disinggahi banyak orang, seperti di pasar tradisional, Stasiun MRT, dan kantor-kantor kelurahan. Wastafel-wastafel ini disediakan oleh The 1O1 Hotel dibawah management PHM Hospitality yang merupakan salah satu lini usaha Grup Panorama.

Vice President Brand and Communications Grup Panorama, AB Sadewa, mengatakan. penyediaan wastafel portabel ini dalam upaya untuk meningkatkan kebersihan sebelum masuk ke lingkungan kerja, karena kita benar-benar ingin segera mengakhiri penyebaran virus corona. “Sehingga industri pariwisata bisa segera recover dan bangkit seperti sediakala,” ujar Sadewa.

Sebelumnya, Grup Panorama melalui dua unit usaha, Panorama Destination dan White Horse, bekerja sama dengan Kemenparekraf menyediakan armada bus untuk mobilisasi tenaga medis yang menangani pasien Covid-19 dari hotel ke rumah sakit rujukan pemerintah.

Selain itu, Panorama melalui Yayasan Panorama Anugerah atau dikenal dengan Panorama Foundation hingga kini masih membuka donasi untuk penyediaan baju APD, masker bedah, masker pelindung wajah, dan sarung tangan untuk tenaga medis dan alat semprot disinfektan serta cairan disinfektan untuk masyarakat sekitar Jakarta yang terdampak Covid-19. Donasi yang sudah terkumpul akan diserahkan ke rumah sakit yang menangani pasien Covid-19.

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)