Kolaborasi Standard Chartered-HKI di World Sight Day 2013

Guna memperingati World Sight Day 2013 (Hari Penglihatan Dunia), Standard Chartered bersama dengan Helen Keller International (HKI) Indonesia dan Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur serta para mitra kerja dalam bidang kesehatan mata mengadakan kegiatan akbar berupa kampanye kesehatan mata kepada publik.

Standchart CSRBeberapa rangkaian kegiatan yang diadakan pada hari ini berupa pemeriksaan kesehatan mata anak paediatric ophthalmology, pembagian kacamata kepada pelajar, sosialisasi kelainan mata, layanan konsultasi gratis, stand yang menawarkan reparasi kacamata gratis, sampai dengan pameran foto. Semua rangkaian kegiatan ini diadakan di Puskesmas Waru Sidoarjo, Jawa-Timur.

Program ini adalah bagian dari inisiatif Seeing is Believing (SiB), sebuah komitmen Standard Chartered Bank untuk meningkatkan kesehatan mata dan pencegahan kebutaan yang dapat dihindari di masyarakat.

Program Seeing is Believing in dijalankan di Jawa Timur sejak Desember 2010 hingga November 2013. Program ini berupa layanan kesehatan mata anak yang komprehensif, antara lain melalui Program REPO (Refractive Error and Pediatric Ophthalmology Program). Program ini menitikberatkan pada sekolah, masyarakat dan klinik.

CEO Standard Chartered Bank di Indonesia, Tom Aaker, mengatakan: ”SiB merupakan inisiatif global yang dilakukan oleh Standard Chartered Bank untuk memerangi kebutaan yang dapat dihindari. Program ini pertama kali dimulai pada tahun 2003 oleh para karyawan kami.”

Di Jawa Timur, dana yang dialokasikan adalah sebesar USD 1 juta. Semua ini merupakan dukungan terhadap kegiatan terkait isu kesehatan mata di masyarakat. Termasuk deteksi dini gangguan penglihatan pada anak di masyarakat dan sekolah, pembagian kacamata kepada para pelajar dan guru dari kalangan kurang mampu, serta penyediaan layanan pemeriksaan mata khusus anak. Ini merupakan inisiatif penggalangan dana yang melibatkan karyawan dan masyarakat.

Kondisi kebutaan atau hilangnya penglihatan total merupakan masalah sosial yang tidak mungkin ditangani sendiri. Masalah ini harus diantisipasi secara terpadu oleh semua unsur masyarakat. Termasuk dari kalangan bisnis seperti Standard Chartered Bank.

“Secara global, kami menargetkan penggalangan dana sebesar US$ 100 juta sampai dengan tahun 2020 untuk membantu isu kesehatan mata di seluruh dunia” ujar Tom menambahkan.

Senior Regional Head Standard Chartered Bank untuk Indonesia Timur, Dewi Yoewono, mengatakan: “Standard Chartered dengan 85.000 karyawan di seluruh dunia merupakan pendorong utama bagi program Seeing is Believing. Banyak karyawan yang menggunakan jatah cuti mereka sebagai relawan untuk berpartisipasi didalam program ini.” (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)