Komitmen Berkelanjutan CSR Kedai Makan Sepuasnya

CEO PT Bumi Kita Pertiwi Edwin Yanee mengadakan kegiatan sosial dengan menyediakan kedai makanan enak sepuasnya harga terjangkau sebagai bagian dari program Corporate Social Responsibility (CSR), sebagai bentuk tanggung jawab perusahaan kepada masyarakat dan lingkungan sekitar.

Bumi Kita Pertiwi adalah perusahaan yang bergerak pada bidang perdagangan hasil bumi, meliputi kopra, tempurung kelapa, dan sebagainya. Juga, menyuplai produk kelautan seperti ikan laut segar, dan berbagai jenis produk beku.

Dalam menjalani bisnisnya, Bumi Kita Pertiwi tidak melupakan pentingnya CSR. Aksi sosial ini adalah konsep manajemen perusahaan yang mengintegrasikan kepedulian sosial dan lingkungan dalam kegiatan bisnis. Artinya, perusahaan punya tanggung jawab untuk berguna dan berdampak baik bagi komunitas, masyarakat, dan lingkungan di wilayah sekitar.

Berdasarkan komitmen tersebut, Edwin  selaku Pendiri Bumi Kita Pertiwi menggalakkan program sosial dengan berjualan nasi campur sepuasnya plus gratis air mineral. “Harganya Rp4.000 saja, konsumen bisa kenyang dan bertenaga untuk menjalani harinya,” ujar Edwin.

Harga jual dihitung dari harga modal, sehingga dana yang disediakan untuk program CSR ini berkelanjutan (sustainable) karena didapat dari income (tanpa profit).  “Kenapa tidak gratis sekalian? Menyediakan makanan gratis dikhawatirkan dapat menciptakan mental miskin atau jadi malas berusaha. Sementara dengan harga yang lebih terjangkau, kita akan memiliki jiwa untuk tetap berusaha dan semangat. Juga tidak akan merasa bersalah bila ingin membeli 5 bungkus sekaligus untuk keluarga atau teman, lain halnya bila meminta gratis 5 bungkus,” ungkap eksekutif muda ini.

Program CSR saat ini diselenggarakan di Surabaya,  dekat area pergudangan Bumi Kita Pertiwi, namun akan diperluas lagi dan merambah sejumlah titik di Jakarta. “Ini adalah program CSR jangka panjang dan berkelanjutkan yang akan selalu dikampanyekan oleh  Bumi Kita Pertiwi,” dia menambahkan.

Menyediakan sekitar 100 porsi nasi campur makan sepuasnya per hari. Masyarakat sekitar menilai program sosial perusahaan tersebut membantu mereka terutama di masa pandemi. Bahkan beberapa pelanggan mengaatakan bahwa ketika memasak sendiri di rumah kadang biayanya bisa lebih dari Rp5.000 / orang. Maka dari itu, beberapa orang bahkan membeli banyak porsi sekaligus untuk anggota keluarga di rumah.

Perusahaan swasta ini berkomitmen terhadap kegiatan CSR tersebut mengingat sebuah perusahaan yang sukses dan berkembang akan memiliki tanggung jawab makin besar untuk menetapkan standar kepedulian dan kesadaran sosial yang pantas bagi industrinya. Jangan sampai perusahaan hanya menimbun keuntungan sepihak tanpa andil positif untuk lingkungan dan masyarakat sekitar.

Swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)