Komitmen CSR WSBP terhadap Pengembangan Masyarakat Berkelanjutan

Pemerintah Daerah Kabupaten Karawang menilai PT Waskita Beton Precast Tbk. (WSBP) Plant Karawang sebagai perusahaan yang aktif dalam melakukan kegiatan sosial CSR di Kabupaten Karawang dan memberikan manfaat positif bagi masyarakat sekitar.

Untuk itu, WSBP diganjar penghargaan CSR Awards tahun 2020 untuk Program Corporate Social Responsibility RUTILAHU atau Rumah Tinggal Layak Huni. Jarot Subana, Direktur Utama PT Waskita Beton Precast Tbk menyatakan, dia berharap WSBP dapat terus memberikan manfaat positif, khususnya kepada masyarakat di sekitar wilayah operasional perusahaan dan lingkungan hidup untuk mewujudkan kemandirian masyarakat dan keberlanjutan lingkungan hidup.

Manajemen WSBP menyadari bahwa hubungan yang terjalin baik antara perusahaan dan masyarakat sekitar wilayah operasional menciptakan hubungan mutualisme yang positif dan berkelanjutan. Hal inilah yang tengah dibangun oleh PT Waskita Beton perusahaan melalui Community Development. Jika sebelumnya program CSR perusahaan masih berada pada tahap charity dan filantropi, kini perusahaan akan menciptakan program pengembangan masyarakat yang berkelanjutan.

Untuk itu, WSBP telah melakukan kerja sama dengan dua perguruan tinggi negeri, yaitu Institut Pertanian Bogor dan Universitas Indonesia. Kedua universitas tersebut akan melakukan pemetaan sosial yang lebih mendalam untuk melanjutkan pemetaan sosial yang telah dilakukan sebelumnya oleh pihak internal perusahaan.

Kemudian, pihak perguruan tinggi akan mengirimkan tenaga-tenaga pendamping masyarakat profesional dan berpengalaman yang turun langsung untuk mengobservasi permasalahan dan kebutuhan masyarakat serta bersama masyarakat menyusun program pemberdayaan.

“Dengan adanya program pemberdayaan ini, nantinya diharapkan masyarakat dapat mandiri dan bisa berkontribusi terhadap diri sendiri, keluarga, dan lingkungannya.” kata Jarot. Adapun beberapa program yang akan direalisasikan antara lain bidang sosial kemasyarakatan, lingkungan, kesehatan, pendidikan, ekonomi, dan seni budaya.

Sepanjang tahun 2019, WSBP telah merealisasikan berbagai program CSR yang sesuai dengan hasil pemetaan sosial, di antaranya pembangunan posyandu dan penyediaan alat-alat kesehatan di posyandu, penyediaan fasilitas pelayanan di kantor desa, pembangunan taman bermain dan penyediaan alat permainan anak-anak, penyediaan mesin incinerator/alat bakar sampah, pembangunan MCK, pembangunan TPS, perbaikan akses jalan, dan program lainnya. Ke depannya, perusahaan akan terus berkomitmen untuk menciptakan berbagai program pengembangan masyarakat yang positif bagi masyarakat dan sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

Sebagai perusahaan yang memiliki 9 plant, 73 batching plant, 5 quarry, dan proyek-proyek besar infrastruktur, WSBP berkomitmen penuh untuk berkontribusi aktif dalam CSR, terutama pada lokasi di sekitar wilayah operasional unit produksi. Oleh karena itu, untuk menciptakan CSR yang berkelanjutan/sustainability yang bermanfaat bagi masyarakat di sekitar wilayah operasional unit produksi, perusahaan pun melakukan social mapping (pemetaan sosial) ke wilayah desa/kelurahan/kecamatan yang berada di sekitar area unit produksi.

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)