Komitmen FFI terhadap Gizi Anak Indonesia

PT Frisian Flag Indonesia (FFI) kembali melaksanakan Gerakan Nusantara. Kampanye ini bertujuan meningkatkan kesadaran anak bangsa tentang pentingnya pola hidup sehat dan aktif. Salah satunya dengan minum susu satu gelas per hari dan kegiatan aktif di ruang terbuka.

Memasuki tahun ke-5, Gerakan Nusantara yang didukung oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia kali ini mengusung konsep baru yang berfokus pada peningkatan jumlah peserta dan peningkatan peran guru. Salah satunya melalui Training of Trainer (ToT).

Konsep baru ini dipilih berdsasarkan hasil studi yang dilakukan FFI dengan Pusat Kajian Gizi Fakultas Kesehatan Masyarakat - Universitas Indonesia ( PKGK FKM UI ) yang menunjukkan adanya peningkatan hasil akhir keseluruhan program Gerakan Nusantara pada tahun ke-4 secara signifikan setelah 3 bulan.

Andrew Saputro, Corporate Affairs Director PT Frisian Flag Indonesia, mengatakan, selaras dengan komitmen FFI terhadap Nourishing by Nature,  pihaknya  berupaya terus menyediakan gizi terbaik serta meningkatkan status gizi masyarakat melalui peningkatan pengetahuan tentang gizi seimbang dan gaya hidup sehat serta aktif.

"Kami paham pentingnya meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang asupan gizi seimbang terutama bagi anak - anak. Makanya, tahun ini kami memilih konsep baru untuk Gerakan Nusantara yang fokus pada peningkatan kapasitas dan peran mandiri guru dalam pendekatan edukasi gizi komprehensif," kata Andrew.  Gerakan Nusantara turut dirancang untuk mendukung sosialisasi Pedoman Gizi Seimbang ( PGS ) dan agenda Sustainable Developement Goals ( SDGs ).

Program Gerakan Nusantara menjangkau lebih dari 700 sekolah, lebih dari 8.000 guru, serta kurang lebih 5.000 pelajar Sekolah Dasar yang tersebar di 24 kota. Meliputi Provinsi DKI Jakarta, Provinsi Jawa Barat, Provinsi Jawa Tengah, Provinsi DI Yogyakarta, serta untuk pertama kalinya dilaksanakan di Riau ( Pekanbaru ), Jambi, dan Sumatera Barat ( Padang ).

Serangkaian kegiatan terpadu disiapkan guna mengoptimalkan Gerakan Nusantara di masing - masing sekolah yang menjadi sasaran tujuan . Kegiatan tersebut diantaranya kegiatan edukasi dan pelatihan bagi guru mengenai Pedoman Gizi Seimbang , pola hidup sehat dan aktif, kebaikan susu bagi tubuh, pemaparan dan edukasi di dalam kelas bagi guru dan siswa, aktivitas luar ruangan di sekolah, serta pembagian sampel susu, hingga pemantauan berkala.

Apresiasi positif disampaiakn oleh Bambang Hadi Waluya, S.Pd, M.Pd, Plt. Kasubdit Kelembagaan dan Sarana Prasrana Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. " Program Gerakan Nusantara merupakan contoh kerja sama yang baik antara industri, pemerintah, dan akademisi. Kami senang dapat mendukung program Gerakan Nusantara ini yang sejak awal pelaksanaan di tahun 2013 telah berjalan berdampingan dengan Program Gizi Anak Sekolah dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Diantara kedua program tersebut , mempunyai semangat yang sama, di mana bertujuan untuk memberikan pengetahuan akan gizi dan kesehatan serta PHBS," ungkap Bambang.

 

Editor : Eva Martha Rahayu

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)