Kumpulkan Ratusan Siswa SD, Cigna Ajarkan Pola Hidup Sehat

Memperingati Hari Anak Internasional yang jatuh pada tanggal 1 Juni lalu, ratusan siswa kelas satu hingga empat SDN 10 dan 31 Johar Baru hari ini (6/6) berkumpul untuk aktif berpartisipasi dalam praktek gaya hidup sehat dibimbing oleh 30 karyawan perusahaan asuransi Cigna. Dalam workshop tersebut, para siswa diajarkan cara yang tepat dalam menjaga kebersihan pada area-area tertentu yang rentan terhadap kuman dan bakteri.

CignaSD

Julian Mengual, Deputy CEO PT Asuransi Cigna, menjelaskan bahwa momentum bagi anak-anak di seluruh dunia ini patut diisi dan didukung oleh berbagai elemen masyarakat salah satunya Cigna yang menggandeng Putera Sampoerna Foundation, dengan unit usahanya School Development Outreach (PSF-SDO) salah satunya melalui workshop kebersihan diri sebagai bagian dari rangkaian program Basic Health Awareness dan Education Quality Improvement.

“Secara konsisten kami berusaha untuk dapat melayani masyarakat melalui berbagai program sosial salah satunya program ini dan kami bangga bahwa hari ini kami dapat mengumpulkan 30 karyawan kami untuk berperan aktif pada kegiatan pertama yang melibatkan mereka sebagai sukarelawan dalam membimbing para siswa terkait pentingnya praktek menjaga kebersihan diri,” ujar Julian.

Seiring dengan komitmen dan misi Cigna dalam membawa perubahan bagi masyarakat, kegiatan ini dinilai dapat bantu tingkatkan kesehatan masyarakat khususnya anak-anak yang berpengaruh terhadap kualitas pendidikan. Di mana menurut data dari Kementerian Kesehatan, hanya 12% anak berusia 5 hingga 14 tahun yang mencuci tangannya dengan sabun setelah buang air, sementara hanya 14% yang melakukannya setelah makan.

Fakta tersebut turut memicu rendahnya tingkat kesehatan masyarakat di mana kebersihan diri menjadi salah satu penyebab utama dari 88% kematian akibat diare di kalangan anak-anak (berdasarkan data dari UNICEF).

 

Melihat hal tersebut, Cigna ingin berkontribusi dalam membawa perubahan yang lebih baik setidaknya dimulai dari wilayah terdekat, kali ini SDN 10 dan 31 Johar Baru yang dinilai tepat sebagai sasaran program. Dengan lingkungan sekitar yang padat penduduk dan kondisi sekolah yang belum memenuhi standar kesehatan higienis, Cigna melihat adanya kebutuhan untuk mengedukasi para siswa, guru, serta orang tua murid cara menjaga kebersihan yang baik dan benar dan menjadikannya sebagai suatu perilaku rutin.

 

Kegiatan serta tujuan dari program ini disambut baik oleh Karmini, Kepala Sekolah SDN 10 Johar Baru “Program ini sangat bermanfaat untuk para siswa dan guru agar kualitas pendidikan dan kesehatan di sekolah kami bisa membaik. Cigna mengajarkan siswa kami hal-hal penting agar mereka senantiasa bersih dan sehat, contohnya 6 langkah mencuci tangan, cara tepat dan bagian penting dalam menggosok gigi, serta cara mandi yang bersih mencakup area tubuh yang rentan terhadap kuman dan bakteri,” kata Kepala Sekolah SDN 10 Johar Baru, Karmini.

 

Edukasi yang dilakukan Cigna terhadap para guru, siswa, serta orang tua murid di SDN 10 dan 31 Johar Baru tersebut merupakan program berkesinambungan selama tiga tahun yang telah dimulai sejak 27 Januari 2014 hingga bulan Desember 2016. Setelah sebelumnya pada pertengahan tahun ini telah diselenggarakan serangkaian workshop dan mentoring bagi para guru dengan topik terkait paradigma baru dalam mengajar dan manajemen kelas, selanjutnya Cigna akan kembali menggalakkan gaya hidup bersih dengan menjaga kebersihan fasilitas sekolah dan cara memanfaatkan sampah agar dapat digunakan kembali.

 

Rangkaian program di tahun ini akan diakhiri dengan peringatan International Volunteering Day pada bulan Desember dengan mengajak para karyawan Cigna bersama dengan masyarakat terkait dalam mempraktekkan gaya hidup sehat.

 

“Tujuan akhir kami adalah membawa perubahan untuk masyarakat dengan tindakan nyata dan berkesinambungan, yaitu melalui peran aktif para sukarelawan dan bekerja sama dengan para guru, orang tua murid dan siswa untuk membangun lingkungan yang lebih baik melalui pendidikan yang lebih berkualitas dan gaya hidup sehat,” tutup Julian. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)