Upaya BRI Majukan Olahraga Indonesia

Bank BRI terus menjaga komitmennya memajukan olahraga Indonesia. Bank berbasis UMKM ini mendukung penuh tekad cabang karate mempertahankan predikat juara umum pada SEA Games XXVII di Myanmar.

BRI Buzz

Federasi Olahraga Karate-DO Indonesia (Forki) memang mematok target besar pada perhelatan ajang multievent dua tahunan se-Asia Tenggara itu. Mereka ingin merebut kembali predikat juara umum SEA Games seperti yang dilakukannya pada SEA Games XXVI (2011) yang berlangsung di Jakarta-Palembang. Saat itu, Indonesia tampil sebagai yang terbaik dengan merebut 10 medali emas, dua perak, dan empat perunggu. Hasil itu melampaui target tujuh medali emas yang dicanangkan Forki.

Kini, Forki berharap bisa mencapai prestasi yang sama di Myanmar. Seperti halnya SEA Games lalu, federasi tertinggi karate Indonesia itu sudah memasang target juara umum dengan meraih tujuh medali emas pada SEA Games tahun ini.

Seperti halnya SEA Games 2011, Bank BRI sebagai Bapak Angkat Karate, kali ini juga memberi dukungan penuh kepada tim karate Indonesia untuk menggapai targetnya pada SEA Games tahun ini. Terbukti, lembaga yang sejak September 2010 resmi menjadi bapak angkat cabang karate tersebut sudah menggelontorkan dana Rp 6 miliar untuk pembinaan karate selama 2013, termasuk untuk menyukseskan karate Indonesia mempertahankan kembali gelar juara umum pada SEA Games kali ini.

“Kami telah melanjutkan kerja sama dengan PB FORKI pada 2013, khususnya membantu mempersiapkan pembinaan dan pelatihan untuk tim nasional karate yang akan berlaga pada SEA Games 2013 Myanmar, Desember ini,” ujar Direktur Utama Bank BRI Sofyan Basir, Jumat (6/12/2013), di Jakarta.

Dukungan Bank BRI terhadap karate dimulai saat membantu menyukseskan program Kejuaraan Karate Indonesia Open II di Bali, September 2010. BRI juga turut mendukung partisipasi tim pelatnas karate SEA Games 2011 di Kejuaraan Dunia Karate (WKF) di Beograd, Oktober 2010.

Dukungan tersebut dilakukan Bank BRI jauh sebelum adanya keputusan pemerintah bahwa setiap BUMN harus membantu salah satu cabang olahraga di Indonesia demi menyukseskan SEA Games 2011. Hasilnya, tim karate Indonesia mampu mencatatkan prestasi sebagai juara umum.

Bank BRI mengaku sangat senang membantu perkembangan olahraga karate. Sebab, itu bagian kepedulian Bank BRI kepada lingkungan sekitarnya. “Harapan BRI dengan dukungan ini, akan meningkatkan respons positif dari seluruh atlet karate dengan memberikan prestasi terbaik serta mengharumkan nama bangsa dan negara di berbagai kompetisi regional maupun dunia, yang pada akhirnya dapat mewujudkan Kebanggaan BerIndonesia,” tambah Sofyan.

Menurut dia, sebagai perusahaan milik publik, BRI tidak hanya menjalankan usaha memperoleh hasil usaha yang baik, tapi juga memiliki rasa tanggung jawab dan peduli kepada lingkungan, termasuk pada kegiatan olahraga.

Bank BRI menyadari pengelolaan olahraga memerlukan pikiran dan dana yang relatif besar, tapi juga pengorbanan tenaga dan waktu. Karena itu, pengembangan dan pengelolaan suatu cabang olahraga bukan hanya tanggung jawab Kementerian Olahraga dan Pemuda, KONI, atau pengurus cabang olahraga tersebut, tapi menjadi tanggung jawab semua.

”Tanpa dukungan Bank BRI belum tentu kami bisa meraih prestasi besar seperti ini. Karena itu, kami sangat berterima kasih kepada Bank BRI yang sudah membantu memajukan karate Indonesia,” tegas Ketua Umum PB Forki Hendardji Soepandji. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)