Lembaga Outbound Global Gelar Ekspedisi Kebhinekaan Bagi Siswa SMA

Lembaga outbound global Outward Bound Indonesia menggelar ekspedisi pendakian gunung bagi siswa-siswi SMA bertajuk Ekspedisi Bhinneka Tunggal Ika Bagi Tunas Bangsa. Ekspedisi yang digelar lembaga yang berfokus pada experiential learning itu dilangsungkan pada 16-20 Agustus 2017, bertepatan dengan Hari Kemerdekaan Indonesia ke-72. “Sebagai bentuk dukungan kami terhadap Indonesia dan keberagamannya, dan upaya untuk merekat tenun kebangsaan di jiwa para muda-mudi, maka Outward Bound Indonesia memprakarsai Ekspedisi Bhinneka Tunggal Ika Bagi Tunas Bangsa,” jelas Djoko Kusumowidagdo, Chief Executive Officer Outward Bound Indonesia dalam rilis yang diterima redaksi SWA.

Aktivitas partisipan Outward Bound Indonesia (dok : OBI)

Outward Bound Indonesia sendiri sebagai penggagas dan penyelenggara ekspedisi ini merupakan bagian dari jaringan Outward Bound International asal Inggris. Lembaga tersebut merupakan organisasi internasional berlisensi di bidang pengembangan karakter melalui pembelajaran di alam. Kiprah Outward Bound International telah berlangsung selama 75 tahun di dunia dengan wilayah operasi mencakup 26 negara di Eropa, Amerika, Asia Pasifik dan Afrika dengan 200 ribu partisipan setiap tahunnya.  Di Indonesia sendiri Outward Bound telah beroperasi selama 26 tahun terakhir.

Lebih lanjut Djoko menerangkan, ekspedisi ini akan menantang pemuda-pemudi Indonesia dari berbagai daerah dalam berpikir dan merasakan mengenai pengalaman kebangsaan & ke-Indonesia-an mereka.

Program ini sendiri ditargetkan bagi 40 pengurus OSIS SMA dari berbagai sekolah di Indonesia. “Gagasan ekspedisi bertujuan untuk menanamkan jiwa persatuan, solidaritas dan pengabdian pada tunas-tunas bangsa sebagai bentuk penerapan Pancasila sebenarnya” Wendy Kusumowidagdo selaku Executive Director Outward Bound Indonesia dan penggagas ekspedisi ini turut menambahkan.

Wendy lebih lanjut menguraikan, harapannya para peserta ekspedisi akan kembali ke sekolah dan lingkungan di dunia nyata sebagai agen perubahan, membawa dan membagikan semangat juang, pantang menyerah, pengabdian, gotong royong, perdamaian dan solidaritas ke lingkungan yang lebih besar.

Acara pelepasan ekspedisi ini sendiri dilangsungkan dari Eco Campus OBI di Jatiluhur, Jawa Barat pada tanggal 16 Agustus 2017.  Adapun kegiatan yang digelar selama lima hari mencakup tinggal dan berinteraksi dengan komunitas local, dilanjutkan dengan pendakian Gunung Parang di Jawa Barat yang kemudian disambung dengan Upacara Penghormatan Bendera Merah Putih di puncak Gunung Parang.

Lalu, pada tanggal 18 Agustus peserta ekspedisi akan turun gunung yang dilanjutkan dengan ekspedisi air dan berkemah. Pada hari terakhir 20 Agustus, akan diadakan evaluasi dan seremoni kelulusan para peserta ekspedisi. Selama ekspedisi berlangsung, seluruh acara akan didampingi dan difasilitasi sepenuhnya oleh tim professional dan berpengalaman dari Outward Bound Indonesia.

Wendy memaparkan, Outward Bound Indonesia turut merangkul korporasi untuk mendukung kesuksesan ekspedisi ini melalui program sponsorship atau beasiswa. “Kami masih membuka pendaftaran bagi sekolah-sekolah se-Indonesia untuk mendaftarkan anggota OSIS untuk ikut serta dalam Ekspedisi ini. Info dan pendaftaran ekspedisi ini bisa dilakukan melalui email info@outwardboundindo.org,” jelas Wendy.

 

 

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)