Lintasarta Galakkan CSR berbasis Teknologi Cloud Computing di Desa-Desa

Lintasarta, penyedia komunikasi data, Internet dan layanan nilai tambah untuk berbagai sektor industri, pada Senin, 28 Oktober 2012, meresmikan pembukaan program “Global Village” sebagai salah satu bentuk kegiatan Corporate Social Responsibility-nya. Program ini sengaja menyasar desa dengan tujuan untuk membina warga desa melek IT.  Hal ini penting karena menghadapi era globalisasi sekarang, dibutuhkan pengetahuan berbasis teknologi yang saat ini berkembang dengan pesat.

Lintasarta menggandeng institusi lain yakni Lembaga Desakita Dotcom yang bertempat di Desa Kayurantingan, Nagari Bukik Batabuah, Kecamatan Canduang, Kabupaten Agam, Sumatera Barat. Desa dot com adalah proyek pengembangan komunitas berupa web berupa informasi pendidikan untuk masyarakat. Website yang beralamat di www.desa.com.co itu menyajikan kegiatan-kegiatan seputar pendidikan dan ilmu pengetahuan yang meliputi Wirausaha, Wisata Ilmu, Global Village, English Power System, TOEFL USA, Belajar Animasi, Shariah Realty, dan Event Organizer.

Fasilitas yang dibangun berupa Cloud Computing yang koneksi Internet dengan bandwidth 2 Mbps. Lintasarta juga memberikan pelatihan administrator server tanpa dipungut biaya. Pelatihan ini rencananya akan dilakukan secara berkesinambungan selama jangka waktu 2 tahun.

Fasilitas yang diunggulkan dalam program ini diantaranya Aplikasi TOEFL Online, TOEFL USA, dan Website English Power. Sejumlah aplikasi lain yang melengkapi web  desakita.com itu termasuk: E-learning center yang terdiri dari empat bagian, yakni E-learning Global Vilage, E-learning English Power, E-Learning TOEFL dan E-learning Animasi, Online TOEFL Prediction Test, Integrated E-Commerce, Multimedia File Sharing, dan Virtual School/Web Conferencing.

Penandatanganan kerja sama program ini dilakukan oleh Datacomm Director Lintasarta Dido Priadi dan ICT Director Lembaga Desakita Dotcom Rio Turnadi. ”Kami senang bisa ikut berperan dalam kegiatan yang membangun pendidikan bangsa Indonesia dalam membentuk bangsa yang lebih berprestasi dan mampu menghadapi persaingan global yang semakin kompetitif. Program CSR seperti ini diharapkan dapat memacu motivasi masyarakat untuk lebih membuka wawasan dan mencari ilmu pengetahuan melalui teknologi informasi yang semakin canggih,” kata Dido.

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)