L’oreal Foundation Alokasikan Dana Rp 1,2 Triliun untuk FWIS 2014

Setelah 11 tahun berjalan, kini program “For Women in Science”(FWIS) kembali digelar oleh L’oreal Indonesia. Program fellowship untuk peneliti wanita itu kali ini dikemas dengan tema “sciencerocks!”. Menurut Head of Communication L’oreal Indonesia, Melaniee Masriel, tema tersebut bertujuan untuk mengubah gambaran dunia penelitian ilmu eksata dan ilmu alam menjadi lebih menarik, asik dan gaul. “Selama ini dunia peneliti dianggap kaku dan menyendiri,” jelas Melanie.

Masih bersama Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia dan UNESCO, secara resmi program ini mulai dibuka pada April 2012. Persyaratan yang harus dipenuhi calon peserta pun masih sama seperti tahun-tahun sebelumnya. Tetapi, menurut Melanie, setiap tahun jumlah peminat yang mendaftar semakin banyak. “Jika pada tahun pertama hanya ada 4 proposal yang masuk, hingga tahun 2013 lalu rata-rata 100 proposal yang masuk,” ungkap Melanie.

Pada penyelenggaraan FWIS 2014 ini, L’oreal mengalokasikan dana sebesar Rp 1,2 triliun. Sedangkan untuk 4 orang wanita yang nantinya dinyatakan lulus pada tingkat nasional, masing-masing akan mendapat dukungan dana penelitian sebesar Rp 80 juta. Selain itu, juga dibuka program fellowship, dimana peserta langsung bersaing di tingkat regional, dengan dana penelitian sebesar U$D 40.000.

Hadir pada pembukaan FWIS 2014, Ratih Asmana Ningrum salah satu fellowship program FWIS 2013. Ratih, meniliti mengenai obat untuk penyakit hepatitis dan kanker yang bisa dikonsumsi secara oral. Menuurt peneliti dari Bioteknologi LIPI itu, hingga kini penelitiannya masih berkanjut dan diperkirakan baru akan mendapatkan hasil akhirnya sekitar 15 tahun lagi. Namun demikian, menurut Ratih, melalui program FWIS fellowship, dirinya kini memiliki banyak jaringan yang siap membantunya. “Jaringannya adalah kami sesama alumni FWIS fellowship, lewat jaringan ini banyak kendala dalam penelitian bisa mendapat solusinya,” ungkap Ratih.

Melanie juga mengungkapkan bahwa ke depan, L’oreal Foundation berencana membangun pusat-pusat pelatihan bagi para wanita. Tujuan dari kegiatan tersebut adalah untuk menambah ketrampilan bagi wanita kelas menengah bawah. “Dengan begitu mereka bisa memiliki modal untuk meningkatkan kesjahteraan keluarganya,” ujar Melanie. Program tersebut direncanakan kana mulai berjalan pada pertengahan tahun ini. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)