Maha Dasha Bangun Akses Air Bersih dan Sanitasi di Desa Cijayanti

PT Mahadana Dasha Utama (MahaDasha) membuka akses terhadap air bersih dan sanitasi yang sehat bagi ratusan warga di Desa Cijayanti, Kabupaten Bogor melalui program Air Untuk Kehidupan.

Program Air Untuk Kehidupan ini merupakan buah kerjasama dari MahaDasha dan Dompet Dhuafa Republika. Desa Cijayanti merupakan desa ketiga yang telah mendapatkan manfaat dari program Air Untuk Kehidupan ini. Dua desa sebelumnya adalah Desa Bendung di Kecamatan Kesamen-Banten dan Desa Ridogalih di Kecamatan Cibarusah, Kabupaten Bekasi. Dengan tersedianya air bersih dan fasilitas sanitasi yang memadai diharapkan juga akan merubah perilaku warga ke pola hidup bersih dan sehat.

Kegiatan program di Desa Cijayanti antara lain membangun enam buah MCK, tiga tandon air dan pipanisasi di area publik desa tersebut. Desa yang dihuni oleh 156 kepala keluarga ini sudah lama mengalami krisis kekeringan air terutama di musim kemarau, seperti pada tahun 2015 yang lalu, desa ini mengalami kekeringan selama lima bulan, dan sanitasi buruk, yang tentunya memengaruhi kualitas hidup masyarakat, terutama anak-anak.

MahaDasha sebagai salah satu holding Tiara Marga Trakindo memfokuskan pada pilar kesehatan dalam menjalankan CSR (corporate social responsibility). “Program Air Untuk Kehidupan merupakan salah satu bentuk kontribusi MahaDasha untuk tercapainya RPJMN pemerintah dan juga terpenuhinya Sustainable Development Goals di Indonesia, khususnya pada aspek manajemen air bersih dan sanitasi yang berkelanjutan yang memadai dan merata untuk semua," papar Mivida Hamami Presiden Direktur MahaDasha.

Hingga hari ini, program Air Untuk Kehidupan telah melibatkan lebih dari 300 karyawan Grup MahaDasha dan mengakhiri krisis air bersih dan sanitasi buruk bagi 1,300-an warga di daerah Bogor, Bekasi dan Banten.

Sebagai bagian dari komitmen tanggung jawab sosial, MahaDasha bertekad untuk senantiasa berkontribusi dalam pembangunan kesehatan dasar bagi masyarakat dan mengajak karyawan kami untuk ikut ambil bagian. “Akses terhadap air bersih dan sanitasi yang sehat menurut kami merupakan salah satu prasyarat dasar dari pembangunan dan pengembangan masyarakat," jelasnya.

Ke depannya, MahaDasha akan terus melakukan program serupa dengan memperluas cakupan wilayah desa sesuai dengan lokasi dimana Grup MahaDasha beroperasi.

MahaDasha (PT Mahadana Dasha Utama) didirikan pada tahun 2010 sebagai anak perusahaan dari Grup Tiara Marga Trakindo (TMT) yang berfokus pada pengelolaan beragam portofolio bisnis dari Grup. MahaDasha membagi portofolio investasinya ke dalam empat pilar yang masing-masing mewakili satu sektor industri.

Pilar pertama yaitu dealership truk, alat berat dan ban, konsentrasi kegiatan usaha terdapat pada bisnis dealership yang dilakukan oleh tiga anak perusahaan yaitu PT Chakra Jawara, PT Chitra Paratama dan PT Tri Swardana Utama. Pilar kedua, adalah property dan hospitality dijalankan oleh dua anak perusahaan yaitu PT Triyasa Propertindo dan PT Halla Mohana.

Pilar ketiga yaitu consumer retail dan FMCG yang merupakan portfolio balancer dari konsentrasi investasi Grup MahaDasha di sektor pertambangan maupun sektor-sektor lain pendukung kegiatan pertambangan yang berada dalam kendali dua anak perusahaan yaitu PT Mega Mahadana Hadiya dan PT Sonton Food Indonesia.

Pilar keempat dari Grup MahaDasha adalah penyedia produk dan jasa teknologi informasi yang digawangi oleh PT Mitra Solusi Telematika. Selain keempat pilar yang ada, MahaDasha juga mengelola 1 pilar tambahan yakni multifinance milik TMT namun berada di bawah pengelolaan dan pengawasan MahaDasha.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.Swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)