Masyarakat dan TNI Gotong Royong Bangun Kabupaten Tabanan

Bupati Tabanan, Ni Putu Eka Wiryastuti (kebaya putih)

Keberhasilan Bupati Tabanan, Ni Putu Eka Wiryastui, dalam membangun daerah Tabanan mendapat apresiasi Kepala Staf TNI Angkatan Darat (Kasad), Jenderal TNI Andika Perkasa. Hal itu diungkapkan Jenderal yang menjabat sejak 22 November 2018 itu dalam acara Penutupan Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 106 yahun 2019 di lapangan Desa Gubug, Tabanan, (31/10/2019).

Pria  kelahiran Bandung, 21 Desember 1964 tersebut terkesan dengan antusiasme masyarakat Tabanan. Sesuai dengan laporan Komandan Kodim bahwa semangat kerja masyarakat di TMMD 106 cukup tinggi, namun dia menilainya sangat tinggi. Bukan nulai cukup tinggi, karena masyarakat  benar-benar bekerja secara sukarela membangun bersama TNI dalam program TMMD ini.

“Ini jarang terjadi. Saya harus katakan apa adanya. Ini merupakan contoh yang sangat bagus, inilah kehidupan yang membuat Kabupaten Tabanan sangat pesat kemajuannya. Saya yakin, apalagi ditambah dengan cita-cita kemudian usaha dari Bupati dengan perangkat Pemerintahan Kabupaten yang mempunyai semangat untuk memajukan daerah, ini pasti cepat,” ungkapnya.

Pada kesempatan tersebut Andika mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang terkait dalam TMMD ini, khususnya Pemerintah Kabupaten Tabanan yang memberikan anggaran sekitar Rp1,7 miliar yang merupakan anggaran penuh untuk pembangunan dan perbaikan jembatan termasuk perbaikan jalan di Desa Bongan dan Desa Gubug Tabanan.

Karena kepedulian Pemkab Tabanan untuk menyisihkan anggarannya untuk memajukan Tabanan, Andika terkesan. Menurutnya, meski pihaknya membantu dengan tenaga maupun  pemberian uang makan dan uang saku untuk yang kerja saja, tapi dengan jadinya jembatan sepanjang 17 meter dan diperbaikinya jalan kira-kira sepanjang 65 meter ini akan membuat Kabupaten Tabanan akan lebih maju lagi, tegasnya.

Lanjutnya, akses jalan dan jembatan ini akan mempermudah lalu lintas, transportasi  dan komuditas dari satu Desa ke Desa lain dan ujung-ujungnya masyarakat Kabupaten Tabanan sendirilah yang nanti akan meraskan manfaatnya. Dirinya berharap semoga kerjasama gotong-royong yang ditunjukan masyarakat  Tabanan ini menjadi contoh bagi masyarakat kita di daerah lainnya. Karena sikap prilaku dan kepedulian yang seperti inilah yang membuat  daerah kita maju.

“Kami betul-betul terkesan atas keramahan masyarakat Tabanan. Kita masih akan terus menggelar TMMD untuk terus membangun Kabupaten Tabanan,” ungkap Jenderal Andika.

Pada kesempatan yang sama, Bupati Eka mengatakan, pelaksanaan TMMD dengan prinsip dari dan oleh masyarakat yang dilaksanakan selama satu bulan  penuh dari 2 - 31 Oktober 2019 di dua Desa (Desa Bongan dan Gubug) berjalan lancar dan sukses.

Keberhasikan ini tentu disokong oleh team work yang solid antara seluruh elemen yang turut serta dalam TMMD ini. Dengan selesainya jembatan penyambung dua Desa ini, Bupati Eka berharap dapat memperlancar bidang kemasyarakatan, ekonomi, sosial budaya dan lingkungan dengan sasaran akhir terwujudnya Tabanan Serasi, yakni Sejahtera, Aman dan Berprestasi.

“Kami berharap program ini selalu bisa dilanjutkan, karena manfaatnya itu sudah kita rasakan betul. Artinya pekerjaan yang kita anggap sulit itu bisa mudah. Karena apa, karena gotong-royong, rasa memiliki, kedekatan kita dari rakyat untuk kita, dari TNI untuk kita, pasti bisa berhasil. Contohnya sudah banyak jembatan yang kita bangun bersama-sama dengan TNI," ujar Bupati Eka.

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)