Maybank Indonesia Dukung Program Pemberdayaan Perempuan | SWA.co.id

Maybank Indonesia Dukung Program Pemberdayaan Perempuan

Dalam memperingati Hari Kartini, PT Bank Maybank Indonesia Tbk (Maybank Indonesia) melalui Maybank Indonesia Women Council mendukung program pemberdayaan perempuan dengan menyelenggarakan kegiatan bertajuk Women Agility in the 21st Century “Be Bold For Change”. Maybank Indonesia Women Council merupakan organisasi internal di dalam perusahaan Maybank Indonesia, yang dibentuk sejak 23 Mei 2016.

Dalam kegiatan “Women Empowerment di era Women’s Agility in 21st century; Maybank Indonesia Women Council mengadakan talk show, yang mengangkat tema Inspired to Be the Top. Sebagai key note speaker adalah Komisaris PT Bank Maybank Indonesia, Budhi Dyah Sitawati. Sementara sebagai pembicara, CEO XL Axiata Indonesia Dian Siswarini, Chief Activist, FemaleDev.com & Ex VP GoJek Alamanda Shantika, Project Manager, People Systems Consultancy Indonesia Grace Paramitha serta Director, Community Financial Services Maybank Indonesia Jenny Wiriyanto. Dalam kapasitas sebagai pemimpin di masing-masing institusinya, ketiganya berbagi pengetahuan dan pengalaman dengan nasabah, mitra bisnis, dan para karyawati erbaik Maybank Indonesi

Taswin Zakaria, Presiden Direktur Maybank Indonesia, mengatakan, tujuan dari program tersebut untuk untuk memberikan inspirasi kepada karyawan perempuan di Maybank Indonesia dan memberdayakan perempuan dalam meningkatkan kualitas kepemimpinan ke jenjang yang lebih tinggi.

“Kami menargetkan program pemberdayaan perempuan karena melihat perempuan memiliki peran yang strategis dalam keluarga. Hal ini pada akhirnya akan memberikan kontribusi positif bagi kemajuan dan kualitas hidup perempuan, terutama pada aspek ekonomi.Kondisi tersebut menjadikan perempuan lebih berperan dalam peningkatan taraf hidup, baik bagi dirinya maupun keluarganya,” tambahnya.

Dukungan yang diberikan Maybank Indonesia kepada kaum perempuan memperkuat posisi Maybank Indonesia sebagai bank yang memperhatikan kebutuhan perempuan. Maybank Indonesia juga memiliki produk unggulan untuk perempuan, yakni tabungan Woman One.

Selain itu, dukungan pengembangan kewirausahaan perempuan juga menjadi salah satu prioritas dalam program CSR Maybank Indonesia khususnya dalam pilar pemberdayaan masyarakat. Maybank Indonesia mendukung inisiatif pemberdayaan perempuan melalui micro financing dengan memberikan dukungan dana bergulir sebesar Rp 2 miliar untuk Koperasi Mitra Duafa (KOMIDA) dan Rp 1 miliar untuk Asosiasi Pendamping Perempuan Usaha Kecil (ASPPUK) serta dukungan dana untuk program ECO Weave sebesar Rp 4,7 miliar untuk 2016-2018.

Selanjutnya, oleh KOMIDA fasilitas micro financing tersebut kemudian disalurkan kepada 1.250 perempuan di tiga target area pada tahun 2012, mencakup Jonggol (Jawa Barat), Sragen (Jawa Tengah) dan Kulon Progo (Yogyakarta). Sedangkan pada tahun 2017 disalurkan kepada 3.000 perempuan di wilayah Majalaya (Jawa Barat), Wirosari, Kedung Jati, Grobogan, Magelang (Jawa Tengah).

Sementara melalui ASPPUK pada tahun 2013 hingga kini digunakan bagi pengembangan program “Pemberdayaan Kelompok Perempuan Usaha Kecil” melalui 29 Lembaga Keuangan Perempuan (LKP), yang tersebar di lima wilayah Indonesia, yakni Sumatera, Jawa, Kalimantan, Sulawesi dan Nusa Tenggara.

Maybank juga memperkenalkan program “Reach Independence & Sustainable Entrepreneurship” (RISE), yakni program pembinaan kewirausahaan (entrepreneur mentorship) dan keuangan serta mentoring yang terstruktur kepada para penyandang disabilitas yang bertujuan untuk membangun dan meningkatkan kapabilitas usaha mereka sehingga dapat memberikan dampak positif bagi komunitas sehingga dapat memberikan multiplier effect bagi masyarakat di sekitarnya. Dalam pelaksanaan program ini, Maybank Indonesia dan Maybank Foundation menjalin kemitraan dengan People System Consultancy.

 

Editor : Eva Martha Rahayu

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)
Read previous post:
Kiat TVRI Menggarap Pasar Anak Muda

TVRI pernah meraih kejayaan saat masih sendirian di industri free to air (FTA). Namun, kehadiran RCTI, kemudian diikuti TV swasta...

Close