Meneg BUMN Apresiasi Booth Indonesia Mall di Trade Expo Indonesia

Rini Soemarno (tengah) di booth Indoensia Mall dari BRI pada perhelatan Trade Expo Indonesia 2019 di ICE BSD

Ajang tahunan Trade Expo Indonesia (TEI) telah dibuka Wakil Presiden Jusuf Kalla di Nusantara Hall Indonesia Convention and Exhibiton (ICE) BSD City Tangerang. Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita, Menteri BUMN Rini Soemarno serta beberapa menteri Kabinet Kerja maupun pejabat setempat turut hadir dalam acara pembukaan TEI 2019.

Di sela acara pembukaan, Menteri Rini menyempatkan diri untuk berkeliling ke beberapa lokasi  booth yang dimiliki perusahaan BUMN. Ia juga mengunjungi hall khusus yang ditempati para peserta dari kelompok UMKM binaan perusahaan milik negara. Dalam kunjungannya tersebut Menteri Rini ditemani para petinggi perusahaan BUMN, termasuk Wakil Direktur Utama Bank BRI,Catur Budi Harto.

Menteri Rini sempat berbincang dengan para peserta pameran dan mencoba secara langsung berbagai produk yang dipamerkan oleh UMKM binaan perusahaan plat merah tersebut. Ia juga sempat menyinggahi booth Indonesia Mall yang ditempati UMKM binaan terbaik dari Bank BRI diantaranya: The Kilisuci Batik Craft, Fianoel Craft Decoupage Dan Kembang Tjelup Batik.

Indonesia Mall merupakan sebuah produk dari bank BRI yang terdiri dari berbagai macam UMKM Indonesia dan memulai aktifitasnya pada bulan Oktober tahun 2018. Indonesia Mall dibangun melalui kerja sama BRI dengan e-commerce untuk mendorong UMKM go-online yang berhasil membuka pasar UMKM binaan dari yang tadinya hanya terbatas di wilayahnya menjadi lebih luas ke seluruh Indonesia bahkan hingga ke pelosok. Produk-produk unggulan dari UMKM mitra binaan BRI dapat langsung dibeli di e-commerce rekanan seperti Tokopedia, Shopee, Bukalapak, Blanja.com dan Blibli.com.

Tema "Moving Forward to Serve The World" yang diangkat Trade Expo Indonesia ke-34 sejalan dengan langkah strategis yang tengah dilakukan Indonesia Mall. Program pengembangan UMKM yang digagas BRI ini telah memasuki fase lanjutan. Setelah berhasil menyediakan akses produk UMKM binaan ke seluruh pelosok Nusantara melalui e-commerce Indonesia, BRI menggaet perusahaan e-commerce tingkat regional, Qoo10 (perusahaan asal Singapura) untuk memasarkan karya UMKM Indonesia ke pasar mancanegara.

Pada perhelatan TEI ke-34 ini akan dihadiri lebih dari 1200 exhibitor yang akan memamerkan produk buatannya di pameran internasional yang digelar di 16—20 Oktober 2019 di Indonesia Convention Exhibition (ICE) – BSD City dengan target transaksi dan investasi meningkat 15 persen dari capaian tahun sebelumnya yakni sebesar US$ 8,4 miliar. Selain pameran dagang, TEI 2019 juga menggelar berbagai kegiatan pendukung seperti Trade, Tourism, and Investment (TTI) Forum, pertemuan bisnis, klinik bisnis, diskusi regional misi dagang mancanegara dan lokal, kompetisi usaha perintis berorientasi ekspor dan gelar wicara.

Editor: Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)