Mitra Go-Jek Galang Donasi Rp28,3 Juta Buat Korban Gempa Palu

Komunitas Gojip Brother Medan menggalang donasi pada Selasa pekan ini. (Foto : Dokumen Gojip)

Mitra pengemudi (driver) Go-Jek di beberapa daerah kembali melakukan aksi simpati dengan menggalang donasi bagi korban bencana gempa dan tsunami Donggala-Palu, Sulawesi Tengah. Aksi sosial itu dilakukan  di Medan dan Palembang menghimpun sumbangan Rp 28.350.000. Mereka berinisiatif menghimpun donasi dari masyarakat setempat untuk diserahkan ke beberapa lembaga nirlaba yang kemudian menyalurkannya kepada para korban bencana gempa Donggala-Palu.

Gojip Brother Medan, salah seorang anggota komunitas mitra driver Go-Jek di Medan misalnya, mengumpulkan donasi Rp 2,6 juta. “Demi saudara kami di Palu dan Donggala, hari ini kami menggalang dana di seputaran daerah Johor, Medan. Alhamdulillah, walau hujan-hujanan, kami siap berkontribusi dan dana yang terkumpul sebesar Rp 2,6 juta,” ujar Muhamad Fadly, Ketua Gojip (Go-Jek Johor Indah Permai) Brother Medan melalui pesan singkat kepada SWA Online di Medan, (2/10/2018).

Aksi serupa dilakukan oleh komunitas GPM (Go-Jek Pulau Mas) dan Garing (Go-Jek Jakabaring) di Palembang, Sumatera Selatan yang berhasil menghimpun total dana sebanyak Rp 18.150.000. Dana sumbangan dari masyarakat itu sudah diserahkan kepada Aksi Cepat Tanggap (ACT) pada Senin kemarin untuk disalurkan kepada korban gempa Donggala-Palu.  Ketua GPM, Febriansyah mengatakan pihaknya melakukan aksi penghimpunan dana di Simpang Charitas, Palembang, yang berlangsung selama dua jam. ”Kami off bid dan tidak mengambil order dari jam 11.00 hingga jam satu siang. Antusiasme masyarakat Palembang sangat luar biasa untuk membantu korban gempa Donggala-Palu. Selama dua jam itu, kami memperoleh donasi masyarakat berupa uang sebanyak Rp 10.150.000,” ungkapnya. Para mitra Go-Jek di Palembang itu membawa spanduk resmi ACT yang bertuliskan “Sulawesi Tengah, Kami Bersamamu” dan menyertakan rekening atas nama ACT.

Febriansyah mengatakan aksi penggalangan dana itu merupakan inisiatif para mitra Go-Jek roda dua yang bekerjasama dengan ACT.  Selain uang tunai, masyarakat Palembang juga memberikan bantuan barang berupa pakaian.  Lebih lanjut, Febriansyah mengemukakan komunitas Go-Jek lainnya sangat antusias dan berinisiatif untuk melakukan aksi sosial di wilayah lainnya. ”Selain Komunitas GPM, ada juga aksi solidaritas dari Garing yang mengggalang dana di sekitar Jakabaring. Dana yang terkumpul Rp 8 juta rupiah. Jadi, jumlah total dana yang terkumpul mencapai Rp 18.150.000 dan semuanya sudah diserahkan ke ACT,” Febriansyah merinci.

Inisiatif serupa dilakukan oleh Driver GO-JEK Medan Bersatu yang di awal pekan ini berhasil menghimpun donasi senilai Rp 7,6 juta. Fadly yang juga menjadi Koordinator Driver Go-Jek Medan Bersatu, mengemukakan ratusan pengemudi Go-Jek tersebar di empat titik persimpangan Masjid Raya Al-Mashun, untuk menggalang donasi dari masyarakat. Para mitra pengemudi yang mengenakan jaket hijau bertuliskan Go-Jek itu menggalang dana selama satu jam (9.45-10-45 WIB) di lokasi tersebut. “Donasi sudah kami serahkan ke Baznas (Badan Amil  Zakat Nasional) yang bekerjasama dengan kantor pusat Go-Jek di Jakarta. Dana itu kami peroleh dari sumbangan masyarakat Rp 7 juta dan pengemudi Go-Jek di Medan Rp 1,6 juta yang menyisihkan sebagian penghasilannya untuk disumbangkan,” tutur Fadly yang aktif di komunitas Gojip Brother Medan itu.

Driver Go-Jek Medan Bersatu, menurut Fadly, merupakan wadah silaturahim yang membawahi 80 komunitas pengemudi Go-Jek di Medan. Sebelum melakukan aksi sosial ini, ratusan mitra Go-Jek di Medan itu berinisiatif melakukan shalat ghaib berjamaah bersama masyarakat setempat di Masjid Raya Al-Mashun, Medan. Mereka mendoakan para korban sebagai bentuk keprihatinan dan solidaritas terhadap bencana gempa bumi dan tsunami yang terjadi di Donggala-Palu.  Fadly menyatakan komunitas Go-Jek berencana menggalang donasi buat korban hingga sepekan ke depan. ”Jika ada penumpang di Medan yang ingin berdonasi bisa melalui tunai ke driver Go-Jek dan Go-Pay,” sambung Fadly. Para mitra Go-Jek juga berkomitmen untuk menyisihkan penghasilannya untuk para korban di Donggala-Palu. ”Pengemudi Go-Jek menyatakan komitmennya untuk menyumbangkan penghasilannya. Saya di hari ini menyumbangkan seluruh penghasilan saya buat korban,” imbuhnya. Hal serupa juga akan dilakukan di Palembang. Sekitar 100-an komunitas driver Go-Jek di Sumsel itu berencana melakukan aksi sosial penggalangan dana pada pertengahan pekan ini.

Pada kesempatan terpisah, VP Corporate Affairs Go-Jek, Michael Say, mengapresiasi inisiatif para mitra driver Go-Jek di Medan dan Palembang. ”Kami menyambut niat baik serta semangat kebersamaan yang ditunjukkan oleh mitra driver kami dan berharap hal ini bisa menginspirasi masyarakat untuk turut memberikan kontribusi kepada korban gempa di Donggala-Palu,” ujar Michael dalam keterangan tertulisnya. Go-Jek Group membuka donasi untuk disalurkan kepada para korban gempa dan tsunami Donggala-Palu di Baznas, kitabisa.com atau sedekah digital melalui Go-Pay.

www.swa.co.id

 

 

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)