Mobil Balita Cerdas Untuk Balita Tangerang

Hingga akhir tahun 2008, berdasarkan data Depdiknas, dari sekitar 30 juta anak Indonesia, baru 50 persen yang tersentuh untuk mendapatkan pengembangan usia dini. Artinya separuh dari jumlah anak usia dini di Indonesia belum memperoleh pendidikan yang layak. Data ini menunjukkan bahwa cukup banyak balita Indonesia yang tidak memiliki kesempatan mengenyam pendidikan anak usia dini. Sedangkan pendidikan pra-sekolah adalah pondasi penting yang harus dijalani oleh anak-anak Indonesia.

Tergerak atas latar belakang tersebut, P&G berfokus pada Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan dimulai melalui kerjasama dengan UNICEF, menjalankan program Balita Cerdas di 10 PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) di wilayah Sukabumi sejak tahun 2008. Program bantuan tersebut bertujuan merevitalisasi PAUD di wilayah-wilayah yang masih belum memilikinya, berupa pendidikan para kader, bantuan sarana dan fasilitas penunjang pendidikannya serta gedung/bangunan untuk sarana pendidikannya. Setelah dua tahun intensif membantu, maka secara bertahap P&G mengurangi bantuannya, sehingga saat ini ke 10 PAUD tersebut telah mampu berdiri sendiri dan swakelola.

Sukses program Balita Cerdas di Sukabumi, P&G menggandeng Rumah Zakat (RZ) untuk mengembangkan program serupa di wilayah Ciputat, Tangerang. Sebagaimana program di Sukabumi, program ini juga telah berhasil merevitalisasi lebih dari 10 PAUD dengan memberikan akses pendidikan kepada lebih dari 1000 anak balita per tahun, termasuk mendirikan PAUD JUARA yang juga berfungsi sebagai pusat pendidikan & pelatihan para kader PAUD. PAUD tersebut saat ini telah mampu mengelola kegiatannya secara mandiri.

Memasuki tahun kelima program Balita Cerdas, P&G bersama dengan Rumah Zakat meluncurkan strategi baru untuk menjangkau dan menyentuh lebih banyak kehidupan Balita Indonesia. Mohammed Ismail, Presiden Direktur PT P&G Home Products Indonesia mengatakan, “P&G berusaha memberikan kontribusi bagi peningkatan kualitas hidup Balita Indonesia melalui inovasi program yang bermanfaat. Salah satunya adalah Mobil Balita Cerdas yang bermanfaat ke lebih banyak anak balita yang belum memiliki akses ke PAUD.”

P&G dan Rumah Zakat yang didukung para brand ambassador produk P&G, yaitu Susan Bachtiar, Artka Sari Devi dan Baim, serta Nirina Zubir, bersama-sama mengunjungi PAUD Edelweiss untuk secara resmi meluncurkan Mobil Balita Cerdas. Peluncuran program ini dilaksanakan berbarengan dengan momentum Peringatan Hari Anak Sedunia yang jatuh pada bulan November.

CEO Rumah Zakat, Nur Effendi, menjelaskan, pentingnya pendidikan usia dini bagi para balita untuk menunjang proses perkembangan kecerdasan yang maksimal. “Melalui kerja sama dengan P&G, Rumah Zakat ditantang untuk mengembangkan program yang lebih baik dan effektif agar bisa memberikan manfaat kepada lebih banyak balita yang membutuhkan. Melalui kerja sama yang saling menghargai selama lebih dari 3 tahun ini, kami yakin kita bisa memberikan manfaat kepada masyarakat, khususnya balita dengan lebih baik,” katanya.

Dalam kunjungan bersama Mobil Balita Cerdas kali ini, para brand ambassadors P&G akan mendampingi para balita di arena bermain Fun Games yang terdapat di dalam Mobil Balita Cerdas. Acara ini juga melibatkan para karyawan P&G untuk berpatisipasi aktif bersama dengan para balita dalam kegiatan fun games tersebut.

Fun Games terdiri dari berbagai alat permainan edukatif untuk memberikan ilmu pengetahuan kepada anak melalui proses pembelajaran bermain sambil belajar. Merangsang pengembangan daya pikir, daya cipta dan bahasa dan dikemas dengan cara yang menyenangkan. Fun Games yang akan ditemui di Mobil Balita Cerdas terdiri dari: Computer Games Corner, Story Telling Corner, Edugames Corner, Movie Learning Corner dan Musical Corner (Perkusi Perkakas Bekas). (EVA)

 

 

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)