Mondelez Bantu Petani Kakao Lewat Cocoa Life

Sebagai pembeli kokoa terbesar di dunia Mondelez Internasional mempunyai tanggung jawab kepada para petani kakao yang ada di dunia. Salah satu negara penghasil kakao terbesar di dunia adalah Indonesia, walaupun masih kalah dengan Pantai Gading dan Ghana. Seperti yang diketahui permasalahan mengenai kakao sangatlah beragam mulai dari permasalahan sertifikasi, pohon yang sudah mulai tua, dan masih ada beberapa persoalan lainnya.

Mondelez International telah menginisiasi sebuah program yang berkelanjutan bertujuan untuk meningkatan kesejahteraan petani dan kualitas kakao. Seperti yang disebutkan oleh Haswar Asmit, Dirjen Perkebunan Kementerian Pertanian dan Perkebunan, dana APBN yang dimiliki tidak cukup untuk menunjang fasilitas yang dibutuhkan oleh petani dalam jangka yang berkesinambungan. Program Cocoa Life diharapkan bisa ikut membantu kinerja para petani kokoa di Indonesia.

Image 2

Program global yang dilakukan oleh perusahaan ini akan menggelontorkan dana sebesar US$ 400 juta selama 10 tahun mendatang ke beberapa negara. Pendekatan akan dilakuakn lewat  peningkatan pendapatan melalui praktek pertanian, pemberdayaan komunitas, peningatan kesejahteraan petani, peningkatan partisipasi generasi muda, dan perlindungan lingkungan.

“Kami melihat kakao di Indonesia sebagai potensi yang masih besar, Cocoa life ini kami menargetkan cakupan kepada lebih dari 50 ribu petani di Indonesia yang akan meningkatkan nilai ekonomi dan kehiduapan para petani kokoa,” ujar Andi Sitti Asmayanti, Southeast Asia Cocoa Development Manager Mondelez International.

Lebih lanjut Yanti menjelaskan program ini akan menargetkan Papua, Sumatera, dan Sulawesi sebagai fokus utama Cocoa Life. Program yang sudah berhasil di Ghana diharapkan akan menghasilkan nilai lebih untuk para petani dan bisa meningkatakan kualitas kakao di Indonesia.

“Sebagai produsen biskuit dan cokelat kami percaya bahwa investasi riset dan teknologi sangat penting, lewat program Cocoa Life di Indonesia kami mengaharapkan pasokan kakao akan terus berkembang dan berkelanjutan,” ujar Jiri Hejl, Presiden Direktur Mondelez Indonesia. (EVA)

Leave a Reply

1 thought on “Mondelez Bantu Petani Kakao Lewat Cocoa Life”

Seperti yang disebutkan oleh Haswar Asmit, Dirjen Perkebunan Kementerian Pertanian dan Perkebunan..... Apa benar nama pejabat tersebut? Saya coba cek tdk ada nama Haswar Asmit di Ditjen Perkebunan. Yang ada Azwar AB sebagai Direktur Tanaman Rempah dan Penyegar Ditjen Perkebunan. Jadi yang dimaksud berita itu yang mana ya?
by Haris, 11 Apr 2014, 14:17

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)