MoneyGram Foundation Tingkatkan Kemampuan Literasi di Indonesia

Moneygram Foundation menyalurkan dana hibah US$59.400 kepada Yayasan Pengembangan Perpustakaan Indonesia

MoneyGram Foundation yang didirikan untuk membantu anak-anak di seluruh dunia mendapatkan akses dan fasilitas pendidikan, menyalurkan dana hibah US$59.400 kepada Yayasan Pengembangan Perpustakaan Indonesia (YPPI) di Indonesia.

Melalui pendanaan ini, YPPI akan memperluas Program Mobil Pustaka Pintar untuk menjangkau anak-anak di Kecamatan Kalidawir, Tanggung Gunung dan Bandung, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur.

Tahun ini, program Mobil Pustaka Pintar melakukan perluasan program yang mencakup penambahan 2.000 koleksi buku dan telah dirasakan manfaatnya oleh 3.170 anak. Guna memberikan manfaat yang lebih besar lagi, MoneyGram Foundation menambahkan dana hibah untuk pembelian 3.000 koleksi buku dan e-book, serta perlengkapan pendidikan lainnya yang ditujukan bagi anak-anak mulai dari Taman Kanak-Kanak hingga Sekolah Menengah.

MoneyGram Foundation dan YPPI memiliki tujuan yang sama untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya literasi dan pendidikan. “Melalui kemitraan dengan YPPI dan inovasi program Mobil Pustaka Pintar, kami percaya dapat terus mendorong peningkatan kemampuan literasi dan pendidikan guna meningkatkan kualitas hidup anak-anak dan keluarga di Indonesia," ujar Aimee Griffiths, Ketua MoneyGram Foundation di Jakarta, akhir pekan ini.

Acara apresiasi bertajuk The Journey of Mobil Pustaka Pintar, “Pengetahuan Mengubah Kehidupan” dihadiri oleh ketua MoneyGram Foundation, Sabrina Chan, Direktur Marketing dari APAC ME ISC, dan Dr. Muhammad Syarif Bando MM, kepala Perpustakaan Nasional yang turut hadir untuk menyaksikan pemutaran film pendek mengenai aktivitas Mobil Pustaka Pintar yang memiliki pengaruh besar kepada anak-anak terkait dunia literasi.

Dalam rangkaian acara, Awam Prakoso, tokoh Pendongeng dan Pemerhati Anak berbagi cerita dan kiat Story Telling kepada siswa-siswi Sekolah Dasar, Guru dan orangtua. Anak-anak dan orangtua yang mendapatkan manfaat dari program tersebut diundang untuk berpartisipasi di beberapa aktivitas dalam rangkaian acara seperti, pembacaan dongeng dan tarian khas dengan kostum budaya lokal yang penuh warna.

Hingga saat ini Mobil Pustaka Pintar akan terus beroperasi di Tulungagung. Mobil ini hanyalah satu dari sekian program pendidikan yang telah didanai oleh MoneyGram Foundation setelah tahun 2015, memberikan lebih dari 10.000 buku untuk TKyang manfaatnya telah dirasakan langsung oleh hampir 300 guru dan lebih dari 2.300 anak-anak di berbagai wilayah di DKI Jakarta.

MoneyGram Foundation didirikan oleh MoneyGram pada tahun 2012, dengan tujuan membantu anak-anak di dunia untuk memperoleh akses terhadap fasilitas pendidikan dan berbagai sumber pembelajaran.

Yaysan ini menyediakan berbagai sumber pembelajaran bagi anak dan memberikan bantuan darurat kepada mesyarakat di area terpencil di dunia dalam rangka mendorong kesejahteraan ekonomi, kesehatan, pemberdayaan dan kebebasan individu dalam skala global. Misi ini berawal dari sebuah keyakinan bahwa pendidikan merupakan jantung dari peluang ekonomi yang lebih baik, keluarga yang lebih sehat serta pemberdayaan dan kebebasan individu.

Hingga kini, MoneyGram Foundation fokus dalam memberikan inspirasi dan meningkatkan taraf hidup, serta memberikan pendanaan pada organisasi yang memiliki misi serupa.

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)