Nivea Menegaskan Komitmen Pemberdayaan Perempuan

Nivea Indonesia memprakarsai program #SentuhanIbu, yaitu pendampingan bagi ibu dengan anak berkebutuhan khusus yang berproses sejak tahun 2015 di SLB Negeri A Kota Bandung.

Holger Welters, Presiden Direktur PT Beiersdorf Indonesia, mengungkapkan, Nivea telah menjadi bagian dari keluarga di seluruh dunia. Pihaknya percaya keluarga adalah elemen penting dalam menciptakan masyarakat yang kuat dan sehat, tempat cinta kasih tumbuh, sumber kepercayaan diri, dan terciptanya kepedulian terhadap sesama.

Untuk itu, Nivea selalu mendukung program-program jangka panjang di bawah komitmen sosial global Nivea ‘Cares for Family’ yang bertujuan meningkatkan kualitas keluarga melalui tiga pilar yaitu peningkatan kemampuan anak, pemberdayaan ibu, dan waktu kebersamaan keluarga.

“Nivea Cares for Family diperkenalkan sejak tahun 2013 dan kini diimplementasikan di 47 negara yang telah mendukung lebih dari 600 ribu keluarga di seluruh dunia, termasuk Nivea #SentuhanIbu yang diadakan di Indonesia,” jelas Welters.

Kasih sayang ibu tanpa syarat kepada keluarganya menginspirasi Nivea mengadakan program #SentuhanIbu yang bertujuan memberdayakan para ibu sebagai figur penting di keluarga. Nivea #SentuhanIbu periode 1 telah berjalan sukses dan menerima respons positif baik dari peserta, putra-putri peserta, dan pihak sekolah. Menanggapi hal tersebut dan sebagai bentuk komitmen dalam mendukung para ibu dengan anak berkebutuhan khusus, Nivea mengadakan #SentuhanIbu peride 2.

Diana Riaya, Media Manager PT Beiersdorf Indonesia, menambahkan, Nivea #SentuhanIbu Periode 1 dilaksanakan sekitar 1,5 tahun dengan program pembekalan bertahap bagi para peserta, yang kini telah mengubah pola pikir dan perilaku jauh lebih antusias dalam meningkatkan keterampilan, meraih peluang untuk mengembangkan potensi anak, dan berkontribusi kepada keluarga.

Sebagai pengembangan program, Nivea menyeleksi beberapa peserta menjadi Ambassador Nivea #SentuhanIbu dan menjalani training of trainers agar mereka dapat menyemangati dan berbagi dengan para ibu lainnya yang memiliki isu serupa. Nivea juga ingin menginspirasi lebih banyak ibu melalui film pendek dan buku Sentuhan Ibu yang berisikan pengalaman dan pembelajaran dari peserta program ini.

Nivea #SentuhanIbu periode 2 dimulai pada Agustus 2017 di SLB N Bekasi Jaya dan SLB N 2 Yogyakarta. Nivea kembali bekerja sama dengan Kemuning Kembar dalam memberikan konseling dan program konsultasi bagi ibu dari anak-anak dengan kebutuhan khusus.

Anggiastri Hanantyasari Utami, Konsultan Kemuning Kembar, mengatakan, isu yang kerap dihadapi adalah ketika para ibu cenderung pasif dan merasa dunia luar tidak bersahabat, sehingga membuat mereka kehilangan motivasi. “Kami menyusun topik dan kegiatan yang diharapkan mampu mengenal emosi dan menerima keadaan, agar ke depannya lebih positif dalam mampu mengelola diri sendiri dan mendampingi putra-putri mereka,” ujar Anggiastri.

Implementasi program di #SentuhanIbu periode 2 akan dikembangkan dari periode 1. Meskipun secara umum ada kesamaan, akan tetapi detil program akan disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing kelompok, antara lain faktor karakter kelompok, kondisi sosial ekonomi, lingkungan, dan garis besar masalah yang dihadapi.

Kampanye Nivea #SentuhanIbu periode 2 mengajak masyarakat berperan aktif dan nyata sebagai sukarelawan melalui akun media sosial resmi Nivea Indonesia di Facebook, Instagram atau mengunduh Buku Sentuhan Ibu via digital.

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)