LSPR 4C Dorong Mahasiswanya Kurangi Limbah Plastik

LSPR Climate Change Champions Club (LSPR 4C) mengajak mahasiswa London School of Public Relations Jakarta untuk mengurangi limbah plastik melalui acara Tumbler Day dengan membagikan 500 botol minum secara cuma-cuma kepada para mahasiswa LSPR (12/3). Acara ini merupakan kegiatan kedua dalam rangkaian acara LSPR 4C Environtment Month 2015 yang mengusung tema Oxygen.

Design Tumbler yang dibagikan kepada mahasiswaTumbler Day merupakan sebuah kampanye untuk mengurangi limbah plastik dengan menggunakan botol minum sendiri, di mana aksi ini mendorong penggunaan botol minum daripada membeli minuman kemasan yang menggunakan botol plastik. Selain membagikan 500 botol minum secara gratis, LSPR 4C juga melakukan penambahan jumlah dispenser di area kampus dengan tujuan untuk meningkatkan semangat para mahasiswa dalam mengunakan botol minum dan mengisi ulang tumbler.

Reynold Antony, Presiden LSPR 4C, mengatakan, sampah di dominasi oleh plastik, sedangkan plastik merupakan bahan yang tidak dapat diurai sehingga menyebabkan penumpukan sampah. Maka dari itu, penggunaan plastik harus dikurangi agar sampah plastik tidak menumpuk. Membawa botol minum sendiri adalah bagian dari Green Lifestyle, yaitu gaya hidup hijau yang tentunya memberi dampak postitif bagi lingkungan.

“Kami akan memulai aksi ini dari diri sendiri, itulah sebabnya kami memulai kebiasaan ini dalam lingkup internal terlebih dahulu, yaitu dengan membiasakan para mahasiswa LSPR Jakarta,” lanjutnya.

Berdasarkan data dari Badan Pengelolaan Lingkungan Hidup Daerah (BPLHD) Jakarta, tumpukan sampah di wilayah DKI Jakarta mencapai lebih dari 6.000 ton per hari dan sekitar 13% dari jumlah tersebut berupa sampah plastik. Penggunaan plastik kian meningkat dari hari ke hari, dan hal yang mengejutkan adalah, rata-rata plastik hanya di gunakan selama 20 menit.

Dalam LSPR 4C Environment Month 2015, akan dilaksanakan berbagai acara baik di dalam lingkungan kampus LSPR Jakarta dan di beberapa tempat lainnya. Acara yang akan dilaksanakan Gardening Class, Tumbler Day, Oxy Mob, Oxyean Plant, serta Oxybike. Seluruh kegiatan ditujukan untuk pelestarian lingkungan dan membangkitkan semangat masyarakat Indonesia khususnya warga Jakarta untuk mengurangi dampak pemanasan global yang dimulai dari diri sendiri.

Sebagai informasi, LSPR 4C adalah salah satu unit kegiatan mahasiswa dari LSPR yang memfokuskan diri pada kegiatan lingkungan. Berdiri sejak tahun 2009, berbagai aktifitas lingkungan telah banyak dilakukan oleh LSPR 4C yang dirangkai dalam kegiatan tahunan yang bernama Environment Month. Think Green, Act Green, Start From Our Hands merupakan tagline yang selalu dengan bangga diteriakkan oleh para agent of change, sebutan untuk anggota LSPR 4C. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)