Panasonic Bantu Penyediaan Listrik di Kabupaten Bandung

Panasonic, Kedubes Jepang, Fedus, dan SDN 04 Malabar Panasonic, Kedubes Jepang, Fedus, dan SDN 04 Malabar

Panasonic Coorporation kembali menyelenggarakan kegiatan sosial dengan membantu menyediakan listrik melalui “Power Supply Container”, yakni sebuah perangkat penghasil listrik tenaga surya kepada SDN 04 Malabar di Desa Banjassari, Kabupaten Bandung. Kegiatan ini merupakan rangkaian kegiatan dari Panasonic untuk yang kedua kalinya, karena tahun lalu juga mengadakan kegiatan yang sama di SDN Karimunjawa 01, Jawa Tengah.

Bekerja sama dengan Kedutaan Besar Jepang, Panasonic memberikan bantuan listrik kepada sekolah SDN 04 Malabar yang sudah 32 tahun terisolasi listrik. Sekolah yang terletak di tengah-tengah perkebunan teh ini terus berjuang untuk menyediakan sarana pendidikan yang memadai misalnya untuk penyediaan komputer untuk para siswa-siswi.

Sekolah ini sebelumnya sempat menggunakan genset untuk penyediaan listrik. Hanya saja alat tersebut menimbulkan bau dan kebisingan sehingga mengganggu kegiatan belajar dan mengajar para siswa.

Untuk itu Panasonic, yang juga dibantu oleh Kedutaan Besar Jepang memberikan “Power Supply Container” dengan tujuan memberikan sarana dan prasarana yang memadai bagi murid-murid SDN 04 Malabar ini. Susumu Takonai, Consellor Kedutaan Besar Jepang, menyampaikan, “Bantuan seperti ini diharapkan dapat menunjang belajar murid-murid SDN 04 Malabar ini dan dapat meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia. Sehingga ke depannya, para murid juga bisa menjadi generasi yang meneruskan pemimpin negara.”

Dalam penyediaan “Power Supply Container” ini, Susumu  mengaku dana yang dikucurkan sebesar US$ 93.370. Dana tersebut semuanya berasal dari donasi masyarakat di Jepang. Selain sebagai biaya untuk penyediaan “Power Supply Container”. Dana tersebut juga diperuntukkan sebagai anggaran pelatihan kepada masyarakat sekitar Malabar untuk memahami cara kerja perangkat tersebut.

Nantinya mereka diharapkan dapat melakukan perawatan sendiri tanpa harus di bimbing oleh pihak Panasonic. Pelatihan tersebut akan dilakukan selama satu tahun kedepan. Setelah itu masyarakat akan dilepas agar bisa lebih mandiri.

Dalam memberikan dana pelatihan kepada masyarakat sekitar Malabar, Panasonic bekerja sama dengan Fedus, yakni sebuah LSM yang nantinya akan mengelola dana dan membimbing masyarakat sekitar dalam membentuk organisasi pasokan listrik mandiri. Sehingga masyarakat dapat mengelola perangkat yang telah diberikan Panasonic dan Kedutaan Besar Jepang ini dengan baik dan mandiri.

Selain masalah ketersediaan listrik, SDN 04 Malabar juga mengalami kekurangan pasokan air yang hingga kini berada dalam kondisi yang tidak stabil. Sehingga dengan adanya bantuan ini akan memungkinkan pengadaan instalasi untuk tangki dan pompa air guna memperbaiki kondisi air bersih di sekolah. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)