Partisipasi Kesetaraan Gender Melalui HeForShe Run 2020

Menyambut Hari Perempuan Internasional, Indonesia Business Coalition for Women Empowerment (IBCWE) bekerja sama dengan UN Women kembali menggelar kegiatan lari untuk mendukung kesetaraan gender, HeForShe Run 2020.

Tahun ini, kegiatan HeForShe Run didukung penuh oleh PT Unilever Indonesia, Tbk melalui brand Rexona. Kegiatan yang akan dilaksanakan pada 8 Maret di kawasan The Breeze, Bumi Serpong Damai, Tangerang ini bertujuan untuk meningkatkan partisipasi publik dalam mendorong pemberdayaan perempuan dan kesetaraan gender, khususnya di tempat kerja.

HeForShe Run, yang kedua kalinya diselenggarakan di Indonesia, juga dilaksanakan sebagai bentuk dukungan terhadap HeForShe - gerakan solidaritas yang diprakarsai oleh UN Women di mana laki-laki dan anak laki-laki dapat terlibat sebagai agen perubahan dalam pencapaian kesetaraan gender. Sejak diluncurkan, HeForShe telah menggandeng ratusan ribu laki-laki di seluruh dunia - termasuk Presiden Joko Widodo sebagai HeForShe Champion, para CEO dan advokat global dari semua lapisan masyarakat untuk memajukan kesetaraan gender.

Terlepas dari kemajuan yang dicapai oleh perempuan, belum ada satu negara yang mencapai kesetaraan gender. Perempuan di seluruh dunia dan Indonesia, masih menghadapi berbagai tantangan seperti, norma sosial yang negatif, kekerasan, maupun diskriminasi yang sering kali membatasi perempuan dalam meraih potensi mereka seutuhnya, serta dalam mendapatkan kesempatan yang setara. Setiap orang, baik individu, termasuk laki-laki, serta sektor swasta memiliki peran penting untuk menciptakan dunia yang setara.

Presiden IBCWE, Shinta Widjaja Kamdani, menyatakan,P penyelenggaraan HeForShe Run 2020 tidak lepas dari peran sektor privat sebagai salah satu penggerak perekonomian negara dalam potensi memberikan peluang bekerja kepada perempuan maupun laki-laki. Sebagai bentuk kegiatan olahraga, lari juga menyediakan kesempatan setara kepada perempuan dan laki-laki untuk menjalankan aktivitas ini bahkan melakukan perubahan stereotip dan norma sosial. Kesetaraan gender akan tercapai apabila perempuan dan laki-laki saling bekerja sama, saling terlibat, memiliki keinginan dan aksi bersama untuk mewujudkan kesetaraan gender.

Jamshed Kazi, UN Women Representative, mengatakan, kesetaraan gender memberikan manfaat bagi perempuan dan laki-laki, serta seluruh masyarakat. Di saat perempuan terus memimpin dalam gerakan untuk kesetaraan gender, laki-laki dan anak laki-laki juga memiliki peran untuk mengubah norma-norma maskulinitas, perilaku, serta budaya patriarki yang mendorong ketidaksetaraan. Melalui HeForShe Run, kami mengundang semua orang untuk mendukung dan beraksi untuk mempercepat perubahan transformatif agar perempuan dan laki-laki memiliki kesempatan yang sama dalam meraih potensi seutuhnya.

Sebagai pendukung utama pelaksanaan kegiatan sekaligus founder dari IBCWE, PT Unilever Indonesia Tbk melalui Beauty & Personal Care Director PT Unilever Indonesia Tbk, Ira Noviarti, menjelaskan, Unilever telah berada di Indonesia selama lebih dari 86 tahun. "Selama itu pula kami percaya, di Indonesia, perempuan dan laki-laki memiliki kesempatan yang sama. Berbagai program pemberdayaan perempuan telah kami lakukan, baik itu melalui program berbasis komunitas, brand kami maupun program di tempat kerja. Hal yang kami lakukan ini sejalan dengan Goal 5 dari Sustainable Development Goals yang bertujuan mencapai kesetaraan gender dan memberdayakan semua perempuan," jelasnya.

Unilever Indonesia menyadari bahwa pemberdayaan perempuan juga mencakup bidang kesehatan. Sebab dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat, salah satunya dengan teratur berolahraga dan bergerak. Unilever melalui brand Rexona mendukung kegiatan HeforShe Run yang bertujuan mengajak masyarakat Indonesia tanpa terkecuali untuk bergerak. Pesan ini juga sesuai dengan kampanye “Gerak Tak Terbatas” yang diwujudkan melalui aplikasi “Gerak by Rexona” yang memfasilitasi seluruh masyarakat Indonesia untuk aktif bergerak tanpa batasan.”

Talkshow HeForShe “Pemberdayaan Perempuan dan Kesetaraan Gender di Tempat Kerja” yang berfokus pada tantangan dan peluang dalam meningkatkan pemberdayaan perempuan di tempat kerja, serta bagaimana setiap orang, termasuk laki-laki dapat berkontribusi untuk menciptakan dunia yang setara, diselenggarakan bersamaan dengan konferensi pers HeForShe Run. Pembicara dalam diskusi ini antara lain, Ira Noviarti, Beauty & Personal Care Director PT Unilever Indonesia Tbk; Pratomo Soedarsono, Head of Human Capital PT Bank BPTN Tbk; dan aktris Maudy Koesnaedi.

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)