Peduli Lingkungan Hidup Jadi Syarat Utama Bisnis Masa Depan

Isu lingkungan hidup menjadi perhatian di seluruh lini kehidupan, termasuk dalam bisnis. Program Peringkat Kinerja Perusahaan dalam Pengelolaan Lingkungan Hidup (PROPER) Kementerian Lingkungan Hidup (KLH) dikembangkan untuk mendorong ketaatan dan kepedulian perusahaan terhadap lingkungan hidup.

CSRArie

Deputi Bidang Pengendalian Pencemaran Lingkungan KLH, Karliansyah, menyampaikan bahwa kinerja industri yang baik dan ramah lingkungan sangatlah berperan untuk mewujudkan kualitas lingkungan yang baik bagi kesehatan dan kesejahteraan masyarakat. Selain itu, PROPER telah mendorong pemikiran baru dan memfasilitai proses blajar terus menerus secara bersinerji dengan seluruh pemangku kepentingan “ Banyak best practice pengelolaan lingkungan yang perlu disebarluaskan untuk mendorong perusahaan lain mereplikasi, mengadopsi sesuai dengan nilai sumberdaya dan karakteristik perusahaannya” jelasnya.

Salah satu perusahaan tambang batu bara yang mendapat penghargaan PROPER level Emas selama dua tahun berturut-turut 2012 dan 2013 adalah PT Adaro Energy, Tbk. Menurut Sandiaga S.Uno, Direktur PT Adaro Energy, Tbk, pihaknya berhasil menjadi perusahaan tambang pertama yang mendapat penghargaan PROPER level Emas karena memegang teguh prinsip “resepect 3 P” yakni people, planet dan profit “ Kita sudah mengambil banyak dari bumi maka kita hrus memberi lebih untuk kelestariannya,” jelas Sandiaga.

Sandiaga mengaku, salah satu contoh upaya mengembalikan kepada bumi adalah dengan menutup salah satu site tambag batu bara di Kalimantan kemudian ditanami kembali dan 15 tahun kemudian kembali menjadi ekosistem hutan tropis yang utuh. “Ke depan suatu bisnis tidak akam mampu bertahan kalau tidak mempertimbangan kelestarian lingkungan” tegasnya.

Data dari KLH sendiir untuk tahun 2014, perusahaan yang berhasil meraih peringkat Emas khususnya aspek efisiensi dan konservasi energi dalah PT Semen Indonesia (Persero), Tbk – Pabrik Tuban, kemudian PT Indocement Tunggal Prakarsa, Tbk- Pabrik Palimanan, PT Pertamina Geothermal Energy-Area Kamojang dan terakhir PT Jawa Power. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)