Permudah Layanan, LAZ Al Azhar Terapkan Kurban Delivery

Dalam menjalankan ibadah kurban pada hari raya Idul Adha, informasi hewan secara lengkap sangat penting untuk diketahui. Bagaiamana kondisi kesehatan hewan, kelangkapan anggota tubuh dan sebagainya. Namun, kebanyakan yang terjadi, saat momen menjelang hari raya Qurban banyak konter layanan Qurban yang hanya menampilkan jenis hewan tanpa ada gambarnya.

Menurut Sigit Iko Sugondo, Direktur Eksekutif LAZ Al Azhar, hal tersebut dapat mengarah ke gharar atau ketidakjelasan. Sebagaimana yang berlaku dalam aturan perdagangan dalam Islam (Fiqh Muamalah) jual beli yang tidak ada kejelasan (gharar) tidak dibenarkan dan sebaiknya ditinggalkan.

Qurban Home Delivery 2015 (2)

“Kalau yang hanya ditampilkan itu adalah jenisnya saja, bukan gambar asli hewannya, maka dalam fiqih muamalah hal tersebut tidak dibenarkan karena bisa mengarah ke gharar atau ketidakjelasan. Sementara itu pengurban tidak bisa melihat langsung hewan yang akan dibeli sakit atau sehat, cacat atau tidak,” jelas Sigit.

Sebagai solusinya, Sigit menjelaskan mengenai mekanisme Qurban Home Delivery (QHD) yang digagas oleh LAZ Al Azhar. Menurutnya, dengan QHD pengurban bisa langsung mengecek kondisi hewan kurbannya lewat foto hewan dari berbagai arah layaknya sedang mendatangi langsung ke peternak tanpa harus kepanasan ke kandang kambing.

Lewat program QHD, pengurban dipermudah proses pemesanan hewan kurban. Tinggal tunjuk hewan kurban di berbagai konter LAZ Al Azhar seperti di Masjid Agung Al Azhar dan di beberapa titik mall di Jabodetabek seperti Pondok Indah Mall dan Bintaro XChange.

Kemudian, petugas kurban LAZ Al Azhar akan menunjukan foto-foto hewan kurban pada sistem komputer yang menampilkan foto hewan kurban di layar komputer. Supaya tidak terturak dengan pengurban lainnya, maka setiap hewan kurban memiliki nomor urut dan kode. Jika sudah ada yang memesan secara otomatis gambar akan terhapus. Setelah itu, hewan kurban akan diantar langsung oleh petugas QHD ke tempat tujuan.

Melalui program ini hewan bisa diantar langsung ke alamat rumah/lokasi yang ditunjuk, atau disebar ke desa-desa gemilang dan komunitas dampingan program pemberdayaan LAZ Al Azhar yang tersebar di 15 provinsi di Indonesia.

Hewan qurban yang dijual di QHD merupakan hasil pemberdayaan program Sejuta Berdaya yang dibesut LAZ Al Azhar bersama para peternak kelompok binaan. Hasil penjualan hewan ternak ini akan memampukan para peternak yang tergabung dengan kelembagaan masyarakat seperti Saung Ilmu dan KSM mampu untuk menambahan bibit ternak baru setelah ditambah dana modal pokok. Sehingga pengadaan bibit baru bisa terus berlanjut sehingga penghasilan peternak akan terus meningkat. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)