Perpustakaan Motor Keliling Tokio Marine Jangkau Gang Sempit di Penjaringan

Tokio Marine Grup yang terdiri dari Tokio Marine Asia Pte. Ltd. (TM Asia), PT Asuransi Tokio Marine Indonesia (TMI) dan PT Tokio Marine Life Insurance Indonesia (TMLI) baru-baru ini meluncurkan program perpustakaan keliling dengan menggunakan motor.

Motor dianggap lebih mudah menjangkau masyarakat kurang mampu. Nantinya motor ini akan beroperasi di daerah Penjaringan, Jakarta Utara dan akan dikelola oleh Yayasan Wahana Visi Indonesia (WVI), mitra World Vision, organisasi kemanusiaan yang fokus pada anak-anak.

Kecamatan Penjaringan dipilih sebagai lokasi penerima bantuan dengan pertimbangan bahwa wilayah ini merupakan salah satu pemukiman padat penduduk yang dihuni hampir 5.000 jiwa per kilometer persegi. Kecamatan Penjaringan juga termasuk salah satu area yang menyatakan komitmennya untuk mendukung upaya mewujudkan Jakarta sebagai kota layak anak.

Dengan hadirnya perpustakaan keliling ini, CEO TMLI, David J. Beynon, berharap minat dan budaya membaca anak-anak yang tinggal di area padat meningkat.

“Motor bisa menjangkau gang-gang sempit dan macet, area yang tidak sangat sulit disentuh mobil. Kami senang dapat menjadi perusahaan asuransi pertama di Indonesia yang mengadakan program perpustakaan keliling ini dengan menggunakan motor,” ujar David J. Beynon di halaman kantor RW 13, Penjaringan, Jakarta Utara.

Selain perpustakaan keliling, Tokio Marine juga menyediakan berbagai aktivitas lainnya seperti belajar sambil bermain, membacakan buku cerita, kegiatan menggambar dan mewarnai.

Untuk fasilitas perpustakaan keliling ini, Tokio Marine dan Yayasan WVI menyediakan dua unit motor untuk membawa buku - buku bacaan anak. Program ini mulai beroperasi sejak diresmikan, Senin (27/5).

Perpustakaan keliling akan beroperasi setiap hari Senin - Jumat, pukul 09.00 - 18.00 WIB di berbagai lokasi di kawasan penjaringan yang berbeda secara rutin. Buku-buku yang disediakan adalah buku pelajaran anak, buku cerita anak dan majalah anak dengan rentang usia yang bervariasi. Secara berkala, buku-buku yang disediakan akan dirotasi dengan buku-buku yang baru agar anak-anak tidak jenuh dan minat membaca mereka tetap terjaga.

Kegiatan ini juga melibatkan partisipasi aktif para karyawan TMI dan TMLI dengan menyumbangkan buku-buku anak ke kotak donasi buku yang tersedia di area kantor.

Untuk menjaga kualitas perpustakaan keliling selama satu tahun mendatang, Tokio Marine Grup dan Yayasan WVI telah memiliki agenda kegiatan rutin yang mencakup jadwal operasional, kegiatan bersama sukarelawan dari karyawan TMI dan TMLI, dan kegiatan menarik lainnya. Petugas perpustakaan keliling juga diberikan pelatihan untuk mengajak anak-anak ikut serta dalam beberapa kegiatan sederhana seperti membacakan buku cerita, menggambar dan mewarnai agar kegiatan sehari-hari akan menjadi lebih menarik dan bervariasi. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)