Persiapkan Mahasiswa Memasuki Dunia Kerja, BCA Gelar Seminar di UNAIR

Sebagai wujud komitmennya terhadap pendidikan di Indonesia, PT Bank Central Asia Tbk (BCA) menggelar seminar mahasiswa yang bertajuk “Persiapan Menghadapi Dunia Kerja, Teknik Presentasi dan Komunikasi yang Efektif” di Student Center Kampus C, Universitas Airlangga (UNAIR) di Surabaya (23/5). Hadir dalam seminar tersebut Mawassary Burhan, Kepala Pendukung Operasi Wilayah III BCA; Dr. Eduardus Bimo Aksono H. drh., M.Kes., Tim Pendamping Kegiatan Kemahasiswaan Universitas Airlangga Bagian Penalaran.

BCAUNAIR

Memasuki dunia kerja merupakan hal yang ditunggu-tunggu oleh mahasiswa, terutama mahasiswa tingkat akhir. Namun, kenyataan membuktikan bahwa dunia kerja tidaklah semudah yang dibayangkan oleh mahasiswa. Dibutuhkan etos kerja, motivasi, kreasi dan inovasi yang tinggi untuk dapat masuk dan bertahan di dunia pekerjaan saat ini,” jelas Mawassary seusai seminar.

Selain itu, kemampuan untuk menyesuaikan pengetahuan dan keahlian yang diperoleh di perguruan tinggi dengan kebutuhan dunia kerja menjadi mutlak diperlukan. Oleh karena itu, guna mempersiapkan mahasiswa untuk memasuki dunia kerja, BCA melalui program Bakti BCA menyelenggarakan Seminar Mahasiswa untuk mahasiswa Universitas Airlangga, Institut Teknologi Sepuluh Nopember dan Universitas Brawijaya.

Berdasarkan data Organization for Economic Co-operation Development (OECD) yang dikutip dari kemenag.go.id, pada tahun 2020 Indonesia akan menjadi negara dengan jumlah sarjana terbanyak di dunia. Peningkatan jumlah sarjana ini ternyata tidak sejalan dengan penyerapan lulusan perguruan tinggi di dunia kerja.

Badan Pusat Statistik mencatat jumlah pengangguran sarjana di Indonesia mencapai 360 ribu orang per Februari 2013. Jumlah ini merupakan 5,04% dari total pengangguran di Indonesia yang mencapai 7,17 juta jiwa. Salah satu faktor penyebab rendahnya penyerapan lulusan sarjana ini adalah kualitas lulusan sarjana yang belum sesuai dengan kebutuhan dunia kerja. Selain itu, perusahaan juga kesulitan dalam menemukan lulusan yang dapat berpikir kritis dan cepat menyesuaikan diri dengan dunia kerja.

Kondisi di atas mendorong BCA untuk memperlengkapi para mahasiswa untuk mempersiapkan diri sebelum masuk ke dunia kerja. Persiapan menghadapi dunia kerja, teknik presentasi dan komunikasi yang efektif menjadi topik-topik yang dipilih untuk disampaikan kepada para mahasiswa. “Dengan mengikuti seminar ini, kami berharap para mahasiswa lebih siap memasuki dunia kerja dan mampu memenuhi kualifikasi yang diinginkan oleh perusahaan. Dengan semakin banyaknya lulusan sarjana yang terserap di perusahaan, jumlah pengangguran di Indonesia dapat semakin ditekan.” tutup Mawassary. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)