Pertamina Beri Beasiswa untuk Persiapkan SDM Energi & Lingkungan

PT Pertamina (Persero), melalui Pertamina Foundation, menjalin kerja sama dengan Swiss German University (SGU) dengan memberikan beasiswa di bidang energi dan lingkungan sebagai perwujudan komitmen perseroan tersebut dalam mendukung ketersediaan sumber daya manusia (SDM) berkualitas di bidang energi terbarukan (renewable energy). Program beasiswa itu diberikan kepada mahasiswa dan mahasiswi berprestasi yang terdaftar, serta telah memenuhi syarat yang ditetapkan Pertamina.

Pertamina, Pertamina Foundation dan SGU

Sebanyak 20 mahasiswa dan mahasiswi terbaik di Jurusan Sustainable Energy & Environment, Fakultas Life Sciences and Technology SGU, berkesempatan menerima beasiswa yang jumlahnya sebesar 50% dari total biaya kuliah di semester satu hingga enam. Khusus di semester 7 - 8, bagi penerima beasiswa yang sudah memenuhi masa magang di Eropa, berkesempatan mendapatkan beasiswa sebesar 100% dengan syarat memiliki ketertarikan untuk bekerja di Pertamina, serta telah lulus persyaratan yang telah ditetapkan perusahaan pelat merah tersebut.

Bagi Pertamina, ketersediaan SDM berkualitas Indonesia di bidang energi terbarukan memegang peranan penting bagi keberlanjutan energi negara ini di masa depan. Sehingga, beasiswa pendidikan dari Pertamina ini diharapkan dapat mendorong mahasiswa yang belajar di bidang energi dan lingkungan untuk semakin meningkatkan kualitas melalui pembekalan diri pada aspek pengetahuan, pengalaman, dan jaringan.

“Pertamina menyadari bahwa sumber daya berkualitas di bidang energi terbarukan harus dipersiapkan sejak awal. Hal ini akan menentukan keberlangsungan energi nasional di masa depan, dan juga akan berdampak positif terhadap ketahanan nasional ke depannya,” kata Muhamad Husen, Direktur Hulu PT Pertamina (Persero).

Keberadaan masa depan Indonesia yang lebih baik melalui penyiapan SDM berkualitas menjadi bagian penting dari komitmen Pertamina, melalui Pertamina Foundation-nya. Hal ini seperti yang diungkapkan oleh Wahyudin Akbar, Wakil Direktur Eksekutif Pertamina Foundation. “Pertamina Foundation, sebagai bagian komitmen Pertamina di bidang peningkatan kualitas SDM di Indonesia telah lama menggulirkan beragam program beasiswa yang terangkum dalam program Beasiswa Pertamina Sobat Bumi. Melalui kerjasama dengan SGU diharapkan dapat berkontribusi terhadap penyediaan SDM berkualitas di masa depan,” jelasnya.

Jurusan Sustainable Energy & Environment, yang tergabung dalam Fakultas Life Sciences and Technology sendiri akan memulai perkuliahan pada Agustus 2014, dengan memfokuskan pengajaran di bidang energi, khususnya energi terbarukan, lingkungan serta sumber daya air.

“Pada program studi tersebut mahasiswa dan mahasiswi kami akan dibekali dengan pengetahuan terkait dengan diversifikasi dan konservasi energi serta lingkungan. Ke depannya kami berharap mereka dapat berkiprah dan berkontribusi terhadap bangsa melalui keterlibatan pada beragam sektor industri, termasuk di dalamnya industri minyak. Hal ini sejalan dengan program pemerintah dalam menggalakkan program Manajemen Energi, yang tertuang melalui PP Nomor 70 Tahun 2009,” tambah Dr-ing. Evita Legowo, Koordinator Bidang Energi dan Lingkungan Keberlanjutan SGU. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)