Pertamina Gagas Deklarasi Nasional Sobat Bumi

PT Pertamina (Persero) fokus menjalankan komitmen tanggung jawab sosial perusahaan (corporate social responsibility/CSR)-nya dengan menggagas Deklarasi Nasional Pembentukan Karakter Sobat Bumi. Hal ini dilakukan Pertamina untuk menjaga kelestarian lingkungan sebagai tempat kelangsungan hidup makhluk hidup terutama untuk masa depan. Juga diinspirasi dari nilai luhur sobat bumi dalam mencintai bumi dengan peduli, menjaga, dan melestarikan lingkungan. Deklarasi ini ditandatangani oleh semua direktur Pertamina.

Para Direktur Pertamina Membacakan Deklarasi Nasional Sobat Bumi Para Direktur Pertamina Membacakan Deklarasi Nasional Sobat Bumi

“Melalui Deklarasi Nasional Sobat Bumi, kami mengajak masyarakat untuk mendukung dan secara aktif melakukan gaya hidup ramah lingkungan. Ini merupakan tanggung jawab Pertamina sebagai perusahaan yang bertanggung jawab dan peduli terhadap pentingnya melakukan sinergi dengan masyarakat. Harapan kami bahwa program Pertamina Sobat Bumi terus mendapatkan dukungan positif dari para relawan, penerima manfaat, juga masyarakat umum,” kata Karen Agustiawan, Direktur Utama PT Pertamina (Persero).

Karen juga menyebutkan tema yang diangkat dalam Deklarasi Nasional tersebut adalah ‘Dengan Sobat Bumi, Kita Retas Jejak Peradaban Dunia’. “Sejak Pertamina menjadi Persero pada 2003, tentu saja perusahaan harus dikelola dengan GCG yang baik, sehingga ke depannya bisa melakukan bisnis yang berkelanjutan. Sekarang ini sedang terjadi degradasi di lingkungan hidup, khususnya di energi fosil. Jadi dengan deklarasi ini, kita bisa meminimalisir ancaman kerusakan lingkungan, sehingga nantinya tetap bisa diwariskan kepada anak-cucu,” tutur Karen.

Menurutnya, hal ini termasuk sebagai kontribusi sosial dari Pertamina, baik untuk program CSR atau PKBL-nya, yang terdiri atas empat hal, yakni pemberdayaan ekonomi, kesehatan, pendidikan, dan ecopreneurship. Dalam dua tahun terakhir ini, Pertamina telah mengelola pendidikan dan lingkungan melalui Pertamina Foundation.

“Sobat Bumi merupakan payung tema program CSR Pertamina yang sudah diperkenalkan sejak 1 Desember 2011 dengan fokus kepada empat program utama, yakni Gerakan Menabung Pohon, Sekolah Sobat Bumi, Beasiswa Sobat Bumi, dan Pertamina Soccer School. Kami juga ingin Sobat Bumi ini masuk dalam program teachers quality improvement, yakni Sobat Bumi bisa masuk dalam kurikulum setiap sekolah di Indonesia,” ujar Karen.

Pertamina juga meluncurkan buku Nusantara Local Wisdom yang berisi foto-foto aksi hijau yang telah dilakukan Pertamina. Selain itu juga sudah menggelar Festival Sobat Bumi, dari tanggal 2 sampai 4 Desember lalu, yaitu terdiri dari pameran Green Action, Gerakan Menabung Pohon, Beasiswa dan Sekolah Sobat Bumi, juga ada pameran 56 karya foto terbaik Sobat Bumi. Yang mana festival tersebut merupakan bagian dari siklus Sobat Bumi yang melibatkan sekolah, komunitas, dan korporasi; serta bertujuan untuk menunjukkan pencapaian dan prestasi program-program CSR Pertamina.

“Di sini kami juga memberikan penghargaan kepada tiga pemenang riset Sobat Bumi, tiga Sekolah Sobat Bumi (SSB) Champion (SDN 003 Balikpapan, SMKN 1 Probolinggo, SMAN 5 Denpasar), serta tiga pemenang lomba sepak bola antar sekolah bola di Indonesia yang diadakan Pertamina,” pungkas Karen. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)