Pertamina Salurkan Pinjaman Rp 1,04 Miliar untuk UKM Balikpapan

Salah satu UKM binaan Pertamina. (Dok. Pertamina)

Pertamina mendorong pertumbuhan ekonomi para pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM) yang ada di Kota Balikpapan dan Penajam Paser Utara melalui program kemitraan Pertamina. Dalam acara tersebut dilakukan penandatanganan akad kredit penyaluran program kemitraan oleh para pelaku UKM calon mitra binaan Pertamina.

Program kemitraan Pertamina adalah bentuk pinjaman bergulir untuk UKM dengan syarat memiliki agunan. Pinjaman ini bertujuan untuk peningkatan kapasitas pelaku UKM dengan jasa administrasi hanya 3% dibandingkan pinjaman UKM yang lain.

Pada penyaluran kali ini, Pertamina menyalurkan Rp 1,04 miliar kepada 19 orang mitra binaan. Mulai dari pelaku UKM bidang perdagangan, peternakan, jasa, hingga industri. Untuk penyaluran program kemitraan ini, mitra binaan bisa mengajukan pinjaman sebanyak tiga periode pinjaman

“Penyaluran yang terbesar adalah kepada salah satu pelaku UKM di Kota Balikpapan sebesar Rp 150 juta dan yang paling kecil berada pada besaran penyaluran Rp 10 juta,” ujar Region Manager Communication, Relations & CSR Kalimantan, Roberth Marchelino Verieza dalam keterangan tertulis, Rabu (11/03/2020).

Adapun besaran kredit dilihat dari berbagai aspek penilaian, mulai dari jenis usaha hingga jenis jaminan yang diagunkan. Pertamina pun menargetkan hingga lebih dari 200 pelaku UKM se- Kalimantan dapat bergabung menjadi UKM mitra binaan.

“Keunggulan yang diperoleh dengan menjadi mitra binaan UKM Pertamina adalah jasa administrasi yang relatif kecil, hanya 3% saldo, menurun setiap tahun periode dan banyak benefit pembinaan yang dapat diperoleh mitra binaan seperti kesempatan pameran dan pelatihan,” lanjut Roberth.

Bagi para pelaku UKM di Provinsi Kalimantan yang berkeinginan mendapatkan bantuan permodalan dalam bentuk pinjaman program kemitraan, kata Roberth, dapat mengajukan pinjaman yang diinginkan melalui situs Pertamina atau melalui Kantor Pertamina Marketing Operation Region Kalimantan yang ada di Balikpapan.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)