Pertamina Bantu Pendidikan di Daerah Tertinggal

Relawan RGSB berfoto bersama Relawan RGSB berfoto bersama

Program Relawan Guru Sobat Bumi (RGSB) didirikan oleh Pertamina melalui divisi pendidikan Pertamina Foundation. Program ini bertujuan memberikan pelayanan pendidikan di daerah 3T (Tertinggal, Terjauh, dan Terluar) agar anak-anak di Indonesia Timur bisa mendapatkan pendidikan yang layak. Pada bulan Juni 2015 ini, para relawan melaksanakan penutupan masa tugas mereka sebagai pengajar relawan yang telah 11 bulan bertugas di Kabupaten Keerom, Merauke, dan Raja Ampat Provinsi Papua.

RGSB merupakan program yang didirikan Pertamina Foundation sejak tahun 2013. Para relawan yang sedang melepas masa jabatan saat ini merupakan generasi kedua. Mereka berjumlah 20 orang. Program kali ini bertema “Menggugah Kecerdasan Indonesia Timur”.

20 orang relawan tersebut merupakan mahasiswa-mahasiswi yang terpilih dari Universitas Negeri Jakarta dan Universitas Negeri Semarang. Mereka juga berasal dari mahasiswa tingkat akhir atau lulusan baru. Pada event kali ini para relawan berbagi kisah dan pengalaman mereka selama menjalankan misi pendidikan di Provinsi Papua.

“Pendidikan di Papua memang bukan menjadi prioritas. Ini tergambar dari masyarakatnya yang tidak antusias untuk bersekolah. Maka, kami disini tidak hanya sekedar mengajar tetapi juga memberikan motivasi bagi mereka untuk terus semangat bersekolah,” ungkap Bagus, salah satu relawan yang berasal dari Universitas Negeri Semarang.

Mereka juga mengaku berniat ingin kembali lagi ke Papua untuk melanjutkan misi mulia ini karena mereka beranggapan bahwa tugas yang dijalankan sebelumnya masih belum dapat mengatasi masalah keterbelakangan pendidikan anak-anak di daerah pedalaman. Untuk itu, program-program semacam ini harus dilakukan secara berkesinambungan.

Ketua Pertamina Foundation, Umar Fahmi mengatakan “Pihak Pertamina Foundation akan terus menjalankan program RGSB ini, karena sangat baik agar Indonesia tidak mengalami ketertinggalan di sektor pendidikan, serta dapat bersaing dengan negara-negara lain.” ungkapnya.

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)