Petani Kopi Peroleh Mesin Bor Tanah

Penyerahan alat pertanian kepada petani kopi. (Foto : ASM).

PT Asuransi Sinar Mas (ASM) menyerahkan bantuan alat pertanian berupa mesin bor tanah kepada petani kopi Kabupaten Humbang Hasundutan, Sumatera Utara (Sum-Ut) sebagai bagian dari kegiatan corporate social responsibility (CSR).

Dumasi M.M Samosir, Direktur Asuransi Sinar Mas, dalam pernyataan tertulis menyebutkan bantuan ini merupakan kelanjutan dari pendampingan yang terus diberikan ASM kepada petani kopi. “Kami harapkan bantuan alat ini dapat dimanfaatkan oleh para petani untuk mempermudah dan mempercepat proses penanaman tanaman kopi baru" ujar Dumasi di Dolok Sanggul, Humbang Hasundutan, Sum-Ut, pada awal pekan ini.

Manat Samosir, Ketua Maspekal (Masyarakat Pemerhati Kopi Sumatera Arabika Lintong) Humbang Hasundutan mengapresiasi bantuan ini. Nantinya mesin bor tanah ini akan dimanfaatkan secara bergantian oleh para petani kopi dari 6 kecamatan penghasil kopi arabica di Humbang Hasundutan. Sejak tahun 2016, ASM melalui Rumah Kreatif Sinar Mas melakukan kegiatan CSR di Humbang Hasundutan. Salah satu kegiatan yang dilakukan adalah memberikan pendampingan kepada petani kopi.

Kopi arabika Lintong dari daerah ini terkenal memiliki kualitas tinggi. Produksi kopi yang ditanam di wilayah dengan ketinggian di 1.400-1.600 meter diatas permukaan laut ini telah memiliki banyak peminat dari dalam dan luar negeri.

Beberapa kegiatan pendampingan yang sudah dilakukan ASM adalah re-design kemasan kopi, pembuatan PIRT, pelatihan kemasan, dan pelatihan budidaya kopi arabika bagi petani kopi bekerjasama dengan SCOPI. ASM juga membantu promosi produk kopi petani dengan menggunakan produk kopi sebagai suvenir perusahaan dan melalui pameran di dalam negeri dan mancanegara.

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)